Halaman

CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Bahan – Bahan Upholstery (Pembungkus Sofa)


Selain sofa mempunyai fungsi sebagai tempat duduk, sofa juga berfungsi untuk menambah nilai estetika pada ruang. Desain sofa yang sangat beragam bisa membuat suasana ruang menjadi elegan dan indah. Bagian sofa yang sangat berpengaruh dalam keindahannya adalah pembungkus luar sofa (upholstery). Upholstery sebagai kain pembungkus sofa terbuat dari beragam bahan mulai dari katun, serat alami, chenille, kulit, beludru dan slip cover.

Katun
Katun biasanya digunakan untuk bahan baku utama pembuatan pakaian. Bahan katun ini tipis dan mudah menyerap keringat sehingga sering digunakan untuk pelapis atau pembungkus sofa yang berukuran kecil dan sedang. Harganya lebih terjangkau dan perawatannya pun lebih mudah karena tinggal merendam bahannya ke dalam air deterjen dan kotoran akan terangkat.

Serat Alami
Bahan serat alami sekarag ini mulai dimanfaatkan sebagai bahn pelapis furnitur. Bahan ini cocok untuk menyempurnakan interior ruangan yang berkonsep alami. Tetapi karena bentuknya yang rumit dan di pasar international sofa berbahan serat alami ini sangat digemari maka harganya menjadi lebih mahal.

Chenille
Bahan ini terbuat dari campuran bahan sintetis dan sekarang ini sedang menjadi trend. Sulitnya mendapatkan bahan alami  membuat para designer beralih ke bahan sintetis tetapi dengan kualitas, ketahanan dan keberagaman motif yang setara dengan bahan alami biasanya. Pembungkus sofa berbahan chenille ini, jika terkena noda maka harus segera dibersihkan dengan teknik dry cleaning untuk menjaga supaya serat bahan tidak berkerut atau tertarik keluar.

Kulit
Bahan kulit digunakan pada sofa untuk menampilkan kesan mewah dan mahal dari sebuah sofa. Jenis kulit yang digunakan untuk sofa ada dua jenis yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Karena penggunaan kulit asli banyak menuai protes, maka sekarang yang marak digunakan adalah kulit sintetis.

Beludru
Bahan beludru dapat menciptakan kesan mewah dan elegan pada sebuah sofa. Bahan beludru cocok digunakan pada interior yang bergaya klasik dan modern.

Slip Cover
Slip cover bisa dinamakan juga dengan sarung penutup sofa. Slip cover pada dasarnya digunakan untuk menutupi upholstery utama sofa agar tidak mudah rusak dan kotor.

Kesimpulan
Semua bahan yang digunakan untuk upholstery sofa perlu dilakukan perawatan agar upholstery tetap terjaga keindahan dan keawetannya. Salah satunya untuk merawat bahan chenille sebaiknya tutupi sofa yang berbahan itu dengan kain lain saat tidak digunakan untuk menjaga kebersihannya.

Referensi
Majalah Seri Rumah Ide Edisi 2/II, Imelda Akmal, Gramedia Pustaka Utama
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...