CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Menata Pencahayaan Pada Rumah


Desain pada sebuah ruangan fungsinya untuk menciptakan suasana yang berbeda-beda pada tiap ruangannya, contohnya suasana relaks yang tercipta pada kamar tidur, suasana sibuk yang tercipta di kantor, suasana nyaman yang tercipta pada ruang keluarga, pencahayaan pun mempunyai fungsi yang sama.

Pengertian Pencahayaan
Pencahayaan bukan sekedar hanya untuk memberi cahaya tapi juga sebagai mood control pada suatu ruangan. Jadi tentukan fungsi ruang dengan tepat, jangan sampai ruangan kerja terlalu gelap atau kamar tidur terlalu terang sehingga Anda tidak nyaman berada di kamar tidur Anda sendiri.

Lampu Sebagai Sumber Cahaya
Lampu meja pada ruang kerja harus berupa lampu yang terang dan bisa juga digunakan dengan maksimal untuk bekerja. Cahaya yang terang bisa didapatkan dengan menggunakan lampu cool white. Jadi, jika Anda mengingkan sedikit sentuhan cahaya kekuningan, pilihlah lampu warm white. Lampu jenis warm white tetap terang tapi mempunyai sedikit sentuhan warna kekuningan. Ruang kerja membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bekerja sehingga sebaiknya menggunakan penerangan yang cukup terang pada ruangan agar bisa digunakan dengan maksimal.

Untuk ruang makan yang dibutuhkan suasana yang nyaman untuk berkumpul dan bersantap bersama sebaiknya diberi sentuhan cahaya yang agak remang-remang untuk menciptakan suasana yang intim. Lampu yang paling tepat digunakan adalah chandelier, karena cahaya yang dihasilkan oleh chandelier bisa memberi kesan hangat dan namun tetap terang pada ruang makan.

Kesimpulan Penataan Cahaya Pada Ruangan
Tingkat keterangan cahaya juga bisa mempengaruhi suasana ruangan. Ruangan yang terang dapat menciptakan efek yang aktif dan positif. Ruangan yang remang-remang malah cenderung menciptakan suasana yang romantis dan intim. Lampu utama pada ruangan dapat menciptakan kesan keseluruhan ruangan. Sedangkan accent lighting dipakai untuk mendramatisir ruangan. Contohnya adalah lampu spotlight. Ketika ada satu benda yang disorot oleh lampu spotlight , maka benda itu otomatis akan selalu menarik perhatian orang. Contohnya, seperti lampu yang digunakan untuk menyorot lukisan di ruang keluarga.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...