CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Apartemen Mungil Menggunakan Sekat Kaca


Apartemen mungil pasti akan terlihat sumpek apabila desain dan penataan interiornya tidak benar. Untuk memberikan jarak antar ruang dalam sebuah apartemen biasanya menggunakan sekat.
Sekat Apartemen
Dalam menyekat ruangan banyak cara yang dapat digunakan salah satunya dengan menggunakan tembok masif. Tetapi jangan terburu-buru menggunakan tembok masif sebagai sekat. Sebaiknya mainkan efek masif dan transparan pada ruang untuk mempercantik ruangan. Salah satunya adalah dengan memasang sekat transparan berbahan kaca pada ruang yang akan dibatasai.

Penerapan Sekat Kaca Pada Apartemen Mungil
Dengan menggunakan sekat transparan dapat memberikan kesan lapang pada apartemen. Agar apartemen tidak monoton dan membuang banyak tempat, Anda dapat menggunakan kombinasikan ruang dengan model pintu geser.

Kesimpulan
Apartemen mungil hampir tidak mempunyai sekat antar ruangnya, untuk mengakali hal tersebut Anda bisa menggunakan sekat kaca yang transparan agar antar ruang tetap ada batasannya tetapi tidak membuat apartemen tampak sempit. Kunci utama agar apartemen tampak luas adalah dengan memasang cermin pada dinding dan juga memberi sekat antar ruang menggunakan kaca tembus pandang.

Tips Menata Apartemen Mungil Menjadi Istimewa


Kesulitan menata sebuah apartemen kecil akan terasa berat berat jika ingin mengisi furniture di dalamnya. Memilih furniture untuk apartemen kecil harus menggunakan prinsip pemanfaatan ruang secara maksimal tanpa mengabaikan keindahan dan kenyamanan ruangan.

Apartemen Kecil
Apartemen kecil akan terasa sempit jika Anda menggunakan furniture yang terlalu besar. Selain dari segi furniture, pencahayaan dalam ruangan juga membantu memberikan efek luas terhadap apartemen Anda.
Adapun beberapa tips yang bisa digunakan dalam menata apartemen Anda yang mungil adalah sebagai berikut :

1.  Gunakanlah cahaya alami yang berasal dari jendela dengan penambahan cahaya dari lampu. Semakin banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam apartemen akan semakin membuat ruangan tampak lega dan luas.

2.  Gunakan warna lantai yang gelap agar menimbulkan efek ruangan yang lebih luas. Dengan menggunakan lantai berwarna gelap juga akan membuat ruangan apartemen terlihat lebih tinggi sehingga membuat ruangan menjadi lebih lega.

3.  Pilih furniture multifungsi yang artinya furniture dengan fungsi ganda. Contohnya, meja tamu yang digunakan selain  digunakan sebagai meja juga terdapat lemari yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang.

4.  Gunakan aksesoris ruangan yang berbentuk vertikal. Misalnya vas bunga yang tinggi.

Kesimpulan
Dalam menata apartemen mini atau mungil ada beberapa kaedah interior yang perlu digunaan terutama kaedah penataan interior untuk ruang kecil. Gunakan semua unsur perabot yang bersifat kecil dan multifungsi agar ruang yang kecil tidak sumpek oleh banyaknya barang yang ada.

Tips Membangun Rumah Efektif dan Efisien


Salah satu cara dalam mewujudkan rumah murah adalah dengan menekan biaya pembangunan dari awal.  Diperlukan rencana anggaran biaya untuk perencanaan awal rumah murah. Menciptakan rumah murah bisa dengan menggunakan prinsip desain yang efektif dan efisien.

Definisi Desain Efektif dan Efisien
Desain yang efektif dan efisien merupakan desain atau hasil rancang bangun dengan perencanaan yang tepat dan bermanfaat secara maksimal.

Tips Mendesain Rumah Efektif dan Efisien
Adapun beberapa tips yang bisa digunakan dalam membangun rumah yang efektif dan efisien diantaranya adalah :
1.  Gunakan desain layout yang sederhana dan tidak berliku – liku karena pengeluaran untuk menekan biaya material. Hindari koridor yang panjang atau lorong gelap.
2.  Terapkan layout open plan yang artinya tidak menyekat setiap ruang yang ada. Jika ada ruang yang bisa disatukan, maka buatlah menjadi satu ruang terbuka yang besar.
3.  Buatlah orientasi bukaan mengikuti arah utara-selatan agar mendapatkan pencahayaan alami tanpa membuat rumah terasa panas karena tersorot sinar matahari secara langsung.
4.  Letakkan titik lampu secara tepat agar mengurangi biaya instalasi listrik.
5.  Atur ukuran pintu dan jendela. Sebaiknya perbesar ukuran bukaan dari pintu dan jendela agar sinar matahari yang masuk semakin banyak.
6.  Sesuaikan tinggi plafon dengan tinggi penghuni dan iklim. Jika ingin menggunakan pendingin ruangan cukup atur ketinggian plafon sesuai dengan tinggi penghuni karena dapat menghemat biaya dinding.

Kesimpulan
Membangun rumah murah tetapi tidak murahan sebenarnya mudah asal Anda mengetahui trik-trik  dalam membangunnya salah satunya dengan menciptakan desain rumah yang efektif dan efisien. Selain tips di atas ada satu hal yang tak kalah penting dalam membangun rumah efektif dan efisien yaitu penggunaan materialnya. Sebaiknya ekspos plafon dan dinding bata rumah Anda dan juga penambahan tanaman rambat di fasade bangunan.

Ragam Bahan Lantai Untuk Rumah


Memilih warna untuk lantai rumah jauh lebih mudah dibandingkan memilih warna untuk interior dan eksterior rumah. Hal ini disebabkan karena warna dinding dapat memberikan suasana yang lebih ekstrim dibandingkan jenis atau corak lantai.
Bahan Lantai
Bahan lantai yang dapat digunakan untuk bangunan rumah Anda sangat beragam jenisnya.
Bahan lantai yang banyak digunakan sekarang ini adalah bahan keramik. Corak dan warna keramik sekarang ini condong netral sehingga mudah dipadu padankan dengan warna apapun yang ada pada dinding rumah Anda.
Selain keramik, ada bahan lantai yang menggunakan batu alam seperti granit atau marmer. Dengan menggunakan batu alam lantai rumah akan terkesan lebih mewah. Sedangkan untuk membuat suasana ruangan terasa lebih hangat, bahan yang bisa digunakan adalah kayu dan parket. Selain dari bahan – bahan tersebut, ada bahan lain yang bisa digunakan diantaranya adalah vinyl, batu kali, bata sampai lantai yang berbahan semen.

Kelebihan dan Keunikan Bahan Lantai
Masing – masing bahan memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing.

1.  Keramik
Bahan keramik memiliki fleksibilitas, kuat dan dapat digunakan hampir diseluruh bagian rumah Anda. Lantai bahan keramik lebih mudah perawatanya dan tidak membutuhkan pemolesan.

2.  Marmer
Bahan marmer biasanya lebih disukai karena lebih memiliki karakter dan berkelas. Bahan marmer mahal dikarenakan tekstur serta persediaan yang tergantung dari hasil alam.

3.  Granit
Granit memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan marmer sehingga resikonya lebih kecil untuk dimasuki air dan kotoran. Batuan granit biasanya diperoleh dari bukit atau gunung granit. Namun dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah tersedia granit buatan dengan motif yang lebih beraneka dan harga yang jauh lebih murah.

4.  Kayu dan Parket
Lantai kayu sering disebut dengan lantai parket (parquet), yang berasal dari kata parquetry. Parquetry merupakan seni memasang atau menata bilah-bilah kayu tipis dengan pola geometri pada sebidang lantai. Selain dari kayu solid, bahan parket bisa juga berasal dari bahan non kayu seperti bambu.

Kesimpulan
Pilihan untuk lantai rumah sekarang ini sangat beragam tetapi lantai yang masih mendominasi masyarakat Indonesia sekarang ini adalah lantai keramik, dikarenakan motifnya dan warnanya yang beragam dengan harga yang masih terjangkau. Tetapi jika Anda menginginkan lantai yang sejuk dengan kesan mewah serta perawatan yang mudah, Anda bisa mengaplikasikan lantai marmer atau granit pada rumah Anda.

Sofa Putih Siapa Takut?

Apa pendapat anda pada Sofa berwarna putih? Hm.. pasti takut kotor. Padahal sofa warna putih membuat ruangan lebih mewah dan elegan. Selain itu suasana un lebih sejuk dan nyaman.
Tapi hal itu semua langsung hilang oleh kekhawatiran sofa yang cepat kotor. Kalau kotor tinggal dibersihkan saja. Banyak sekali tips-tips membersihkan sofa dengan benar. Nah berikut beberapa tips menjaga sofa putih anda
Pertama, hati-hati kaki yang kotor. Bukan debu atau kotoran malah kita sendiri yang membuat kotor. Sedih bukan, karena itu mulailah menjaga kebersihan rumah dan badan. Bersihkan lantai dengan rutin agar kaki dan sofa juga ikut bersih.

Sofa Terlanjur Ternoda
Bila sofa terlanjur ternoda, segera bersihkan dengan detergen atau stain removal . gunakan jenis whipped deterjen. Campur deterjen dengan air, lalu blender hingga berbusa. pakai lap untuk mengoleskan busa deterjen pada noda, usap dengan gerakan melingkar. Pakai lap kering untuk mengeringkan busa dan keringkan dengan kipas angin.

Gunakan Stain Removal
Bila anda menggunakan stain removal yang dijual dalam bentuk spray . cukup semprotkan cairan pada lap bersih dan usapkan pada bagian sofa yang ternoda. Selanjutnya, lakukan hal yang sama seperti memakai detergen.
Bersihkan sofa secara rutin ke seluruh bagian sofa untuk menjaga agar tetap terlihat baru. Jangan lupa, proses pengeringan harus dilakukan sesegera mungkin agar tak meninggalkan noda bekas air.
Kini sofa putih pun dapat telihat baru dan elegan. Jadi, sofa putih siapa takut.

Menghias dan Mengatur Dapur Kecil Rumah Anda


Dapur merupakan ruangan tempat mengolah bahan pangan dan yang paling sering digunakan. Karena penggunaannya sebagai tempat mengolah makanan maka kebersihan dan keindahannya perlu dijaga.

Menghiasi Dapur Kecil
Mendekorasi ulang dapur kecil sangat tidak memungkinkan disebabkan hal-hal tertentu. Oleh karena itu fokus dalam mendekorasi dapur cukup pada bagian yang sudah ada saja dengan cara dihiasi. Untuk mempercantik tampilan dapur Anda, Anda harus menciptakan “zona dekorasi” dan mengidentifikasikan “masalah tempat”.
Untuk membantu merumuskan kelemahan dekorasi dan fungsional dari dapur Anda, fokuslah pada apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat dilakukan. Dengan merumuskan permasalahan yang ada, maka Anda dapat melakukan rencana dekorasi dan solusi korektif sehingga membantu Anda dalam memecahkan masalah krusial pada dapur Anda.

Mengatur Dapur Kecil
Untuk ruang dapur kecil, sebaiknya tambahkan dapur untuk tempat menyimpan kebutuhan dapur. Selain itu bisa juga dengan menempatkan barang – barang yang dibutuhkan pada sebuah box agar terlihat lebih rapi dan bisa diambil sewaktu – waktu ketika dibutuhkan.

Kesimpulan
Mempunyai dapur kecil terkadang membuat Anda merasa tidak bebas bergerak. Sebenarnya dapur kecil bukan masalah yang paling utama asal Anda mengetahui cara penempatan dan penataan perabot dapurnya dengan tepat. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengatur dapur Anda, tidak ada salahnya jika Anda menyewa jasa arsitek untuk merombak desain dari dapur mini Anda agar tetap terkesan lapang.

Tips Konstruksi Rumah Hemat


Struktur memiliki pengaruh yang sangat penting dalam anggaran biaya pembangunan rumah karena dalam pembuatan struktur terkadang bisa menghabiskan 40-50% dari total biaya. Dibawah ini akan dibeberapa beberapa tips untuk memenuhi konstruksi rumah yang murah.

Ukuran Rumah
Pastikan ukuran rumah Anda menggunakan angka genap atau kelipatan angka panjang dari bahan material. Contohnya untuk baja, ukuran 3 meter, 6 meter, 9 meter adalah angka ideal. Untuk beton , kelipatan 4 meter merupakan angka yang efektif.

Bentuk Rumah
Bentuk denah rumah yang kotak atau persegi panjang condong akan lebih murah dan efisien dibanding segitiga atau denah bersudut lainnya. Contonya, jika bentuk denah melengkung biasanya akan menyisakan bahan material cukup banyak.

Lahan Rumah
Kondisi lahan dapat mempengaruhi besar kecilnya biaya struktur dan konstruksi. Contohnya jika lahan mempunyai kemiringan yang cukup curam akan menambah biaya perataan tanah.

Kondisi Cuaca dan Iklim
Perhatikan bentuk struktur dan konstruksi rumah tradisional setempat. Untuk rumah vernakular biasanya sudah mengalami proses trial and error sehingga desain rumahnya sesuai dengan kondisi alam.

Sumber Daya Manusia
Pilihlah mandor yang handal jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengawasi pembangunan akan tetapi biayanya akan sedikit lebih mahal.

Kesimpulan
Menentukan desain rumah juga ada baiknya disesuaikan dengan bentuk struktur maksimal sebuah bangunan tetapi dengan penggunaan material yang tidak menyisakan banyak bahan. Perhatikan juga kondisi sekeliling lahan agar bisa menentukan penggunaan material secara maksimal.

Tips Membeli Sofa Yang Nyaman


Jangan terburu-buru saat anda ingin membeli sebuah sofa. Karena selain berfungsi sebagai tempat duduk sofa juga berfungsi membangun suasana yang anda ciptakan dalam rumah anda. Selain itu gaya dan bentuk sofa perlu anda perhatikan ketika anda ingin melengkapi rumah anda dengan sofa baru. Berikut beberapa tips dalam memilih dan membeli sofa baru untuk rumah anda

1. Ukuran Sofa
Pastikan ukuran sofa sesuai dengan ruang yang tersedia. Termasuk juga ukuran meja dan benda pelengkap lainnya. Berikanlah ruang yang cukup agar ruangan anda tidak terlalu sempit.

2.  Tinggi Punggung Sofa
Perhatikan tinggi punggung sofa. Apakah mengganggu atau mempengaruhi kenyamanan baik orang yang menggunakannya maupun ruangan tempat sofa diletakkan.

3.  Gaya Ruangan
Sesuaikan dengan gaya ruangan. Jika diletakkan di ruang keluarga, pilihlah sofa yang tidak bergaya formal, namun lebih empuk, memiliki bantal, dan nyaman untuk beristirahat. Sebaliknya untuk ruang tamu yang formal, pilih sofa yang tidak terlalu empuk, sebab tamu yang duduk akan kesulitan bangkit dari duduknya.

4.  Bentuk Sofa
Perhatikan bentuk sofa. Sofa dan furniture lainnya haruslah memenuhi syarat ergonomic (sesuai ukuran tubuh). Saat duduk, telapak kaki harus bisa menginjak lantai dan tidak menggantung. Bila sofa memiliki bagian untuk meletakkan lengan, pilih yang cukup tingginya dan nyaman. Begitu pula dengan posisi punggung sofa: tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu miring. Begitu juga dengan ‘kedalaman’ sofa, harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk.

5.  Bahan Pembungkus Sofa
Pilihlah bahan pembungkus sofa dengan benar. Mulai dari katun, denim, kanvas, polyster, kulit sintetis, sutera, beludru atau kulit asli. Semua bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan dari kulit asli misalnya, bisa awet puluhan tahun, asalkan dirawat dengan benar. Atau bahan dari kain katun, mempunyai aneka ragam corak yang cantik, namun cepat robek.
Itulah beberapa tips dalam membeli sofa. Meskipun sofa juga dapat memberikan nuansa nyaman ataupun formal dalam ruangan, yang perlu diingat adalah kebutuhan anda sendiri. Fungsi apa yang anda butuhkan pada ruangan tersebut.

Menciptakan Interior Nyaman Untuk Apartemen Mungil


Apartemen merupakan salah satu solusi bangunan di kota – kota besar yang lahannya semakin sedikit. Mendesain interior apartemen pada dasarnya sama seperti mendesain interior rumah. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain sebuah apartemen yaitu batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar dalam mendekorasi karena harus mengikuti aturan pengelola apartemen.
Menata ruang
Tata ruang di dalam sebuah apartemen sudah terbentuk saat Anda membelinya. Tetapi Anda bisa sedikit merombak dan menyesuaikan tata ruangnya sesuai kebutuhan seluruh penghuninya. Bagilah ruang tanpa sekat untuk apartemen yang tergolong kecil. Ruangan tanpa pembatas akan memberikan kesan yang luas pada apartemen.
Jika Anda membutuhkan privasi di ruang tertentu, maka gunakanlah penyekat transparan sebagai pembatasnya.

Memilih furniture
Furniture yang ditempatkan pada apartemen yang luasnya terbatas harus dipilih secara tepat. Jangan gunakan furnitur yang besar dan berdesain berat karena hanya akan membuat hunian terlihat sesak.
Pilihlah furnitur dengan ukuran yang kecil, praktis, tetapi cukup nyaman untuk aktivitas Anda. Jenis furnitur yang paling tepat untuk apartemen adalah furnitur built-in.

Mendekorasi interior
Dalam mendekorasi interior apartemen sangat membutuhkan daya kretivitas Anda. Anda bisa mengolah warna dinding, bahan pelapis lantai apartemen dan pernak - pernik interiornya untuk membuat hunian Anda menjadi nyaman.

Kesimpulan
Sebelum mendekor isi apartemen Anda, ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu apa yang boleh dirubah dan apa yang tidak boleh dirubah. Apartemen condong memiliki batasan luas yang terbatas sehingga disarankan dalam penggunaan furniturenya lebih baik menggunakan furniture yang multifungsi.

Struktur Dasar Sofa


Sofa merupakan salah satu perabotan yang berfungsi sama dengan kursi, yaitu sebagai alat yang digunakan apabila Anda ingin duduk. Istilah sofa lebih ditujukan pada kursi yang berbentuk panjang, memiliki sandaran, dan juga empuk karena sofa dilapisi dengan busa dan kain pelapis (upholstery).

Bagian-Bagian Sofa
Berikut ini struktur atau bagian-bagian yang menyusun sebuah sofa
1.  Kerangka Sofa
Kerangka sofa berfungsi sebagai pembentuk dan juga penguat sofa. Kerangka-kerangka ini biasanya menggunakan kayu, namun ada juga yang menggunakan besi dan baja untuk memperkuat sofa sekaligus membuatnya lebih cantik dan terlihat lebih modern.
2.  Dudukan Sofa
Dudukan sofa memiliki beberapa komponen, yaitu bantalan kursi/sofa dan juga sistem pegas. Bantalan sofa umumnya terbuat dari bahan busa yang empuk. Kenyamanan duduk ada pada komponen yang satu ini. Untuk sistem pegas, biasanya produsen memanfaatkan per-per khusus atau menggunakan sejenis karet webbing sehingga dudukan sofa bisa lebih empuk dan dapat kembali ke bentuknya semula setelah diduduki.
3.Upholstery (Kain Pelapis)
Bagian terakhir dari sofa adalah kain pelapis atau yang biasa disebut dengan upholstery. Kain pelapis ini adalah faktor kecantikan dan keindahan sebuah sofa, karena kain pelapis memang berada di bagian paling luar dari sebuah sofa. Kain pelapis ini bisa berasal dari macam-macam bahan, bisa dari kain khusus maupun bahan kulit. 

Tips Membangun Dekorasi Kantor Anti Bosan


Sering kali kita melihat orang yang bekerja di dalam kantor mengalami kebosanan. Kebosanan bisa saja muncul karena faktor pekerjaan, tetapi selain itu, suasana dan dekorasi di dalam ruang kantor pun sangat mempengaruhi tingkat kebosanan seseorang ketika bekerja di kantor.

Menata Ruang Kantor
Kondisi dan suasana di dalam kantor harus dibuat senyaman mungkin karena dapat mempengaruhi produktivitas kerja Anda. Berikut ini ada beberapa tips mengatur dekorasi ruangan kantor Anda yaitu :

1.  Warna
Untuk keseimbangan warna, pilihlah 2 warna klasik untuk mewarnai kantor Anda. Anda juga bisa menambahkan warna yang ke-3 untuk memberikan sedikit variasi.
Sesuaikan warna dengan jenis bisnis Anda. Jika Anda berada dalam industri tradisional, pilihlah warna yang netral seperti krem ​​atau putih. Sesuaikan pula dengan pelanggan dan spesifikasi industri ketika memilih dekorasi ruangan kantor Anda. 

2.  Atur Ruangan
Sebuah ruang yang tertata dapat menjadi kunci keberhasilan dalam efisiensi kerja. Singkirkan benda/alat-alat kantor yang tidak perlu di atas meja kantor seminggu sekali. Simpanlah benda tersebut ke dalam laci meja atau furniture yang ada di kantor.

3.  Furniture Kantor
Pilihlah furniture kantor yang minimalis dan ModernTetapi jika kantor yang Anda sewa lengkap dengan perabotannya, maka Anda tidak perlu membeli furniture yang berlebihan lagi. Cukup Anda tata ulang dekorasinya.

4.  Penghijauan Ruang
Agar ruang tampak indah dan hijau, ada baiknya Anda menambahkan tanaman di sekitar ruang kantor Anda. Selain itu tanaman juga berfungsi untuk menciptakan suasana nyaman, sejuk namun elegan di kantor. Pilih pot tanaman yang unik tetapi sesuai dengan tema kantor Anda.

Kesimpulan
Itulah beberapa tips dalam mengurangi kebosanan di ruang kantor Anda. Kreasikan ruangan Anda sesuai dengan selera Anda, tapi jangan gunakan warna yang suram sehingga membuat suasana ruang kantor tampak gelap. Atur pula pencahayaan dalam kantor semenarik mungkin untuk menambah efektifitas Anda dalam bekerja.

Kreatif Memilih Dan Mendesain Ruang Tamu


Sofa memang bisa menjadi andalan sebuah ruangan. Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman, sejuk, ramah, atau modern dan formal dengan meletakkan sofa yang sesuai. Penggunaan sofa di ruang tamu sebagai bentuk keramahan pada tamu tentu juga dapat mengungkapkan karakter dari pemilik rumah tersebut. karena itu hati-hati lah dalam memilih sofa untuk ruang tamu nada karena bisa jadi tamu anda mempunyai kesan yang tidak anda inginkan.

1.    Gaya.
Furniture pada sofa mempunyai peran yang besar pada suatu rumah. sofa ruang tamu yang sesuai dengan furniture lainnya memberikan tampilan kohesif dan mulus. Tema klasik ataukah tema modern yang ingin anda bangun. Penggunaan bantal atau kain throw dapat memberikan tampilan baru pada ruang tamu anda.

2.    Nyaman
Sofa pada ruang tamu memberikan tempat yang nyaman untuk istirahat atau bersantai. Gunakan couch atau cushion untuk mendapatkan rasa nyaman yang sempurna.

3.    Tempat duduk lebih
Sebuah sofa sangat mudah dipindah untuk menyesuaikan jumlah orang yang ada. Sofa juga membuat para tamu nyaman dalam berinteraksi. Anda dapat memisahkan sofa dan mengaturnya agar tetap terlihat rapi.

4.    Tempat Tidur Tamu
Sofa tidak hanya bisa dipakai untuk duduk. Bila memungkinkan sofa bisa dipakai sebagai tempat tidur yang simple dan nyaman. Atau mungkin Sofabed yang multifungsi akan menjadi alternative yang praktis.

Plafon Asbes Untuk Rumah


Hampir setiap rumah memasang plafon di atap – atap rumahnya. Plafon merupakan bagian atap rumah yang berfungsi sebagai pembatas atas ruangan, memperindah ruangan dan untuk keamanan.

Bentuk dan Bahan Plafon
Design plafon sekarang ini sangat beragam ada yang polos, ukiran, bulat sampai kotak. Begitu pula dengan bahannya. Bahan plafon beragam mulai dari plafon gypsum, asbes, alumunium, triplek, metal, serat fiber atau GRC dan plafon akustic. Dari beberapa bahan plafon tersebut kali ini kita hanya akan membahas tentang Plafon Asbes/Eternit. Plafon asbes ini memiliki partikel asbestos yang dapat berbahaya bagi kesehatan bila terhirup. Oleh karena itu harus berhati – hati jika kita memilih bahan asbes sebagai plafon.

Kelebihan dan Kekurangan
Setiap plafon pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri – sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dari plafon asbes/eternit yaitu

1.  Kelebihan
  • Mudah diperoleh di toko – toko bangunan.
  • Plafon asbes ringan sehingga tidak membutuhkan rangka plafon yang terlalu kuat.
  • Mudah dalam perbaikan jika plafon rusak
  • Pemasangan plafon asbes lebih cepat dan mudah 

2.  Kelemahan
  • Mudah rusak dan tidak tahan benturan secara langsung
  • Harus berhati – hati dalam pemasangannya karena plafon ini mudah retak dan patah 

Kesimpulan
Dari sekian banyak jenis plafon sebaiknya plafon asbes dihindari karena dapat beresiko tinggi terhadap penyakit paru – paru. Tetapi plafon asbes punya keunggulan dapat tahan terhadap kebocoran rumah. Jika ingin memasang plafon asbes sebaiknya dipasang dengan rangka besi hollow atau kayu dengan alat sambung dari skrup atau rivet/fiser.

Makin Gaya Dengan Sofa Tanpa Sandaran


Sofa yang berfungsi sebagai tempat duduk yang nyaman sekarang telah berkembang tidak hanya untuk duduk ataupun tidur. Kini berbgai macam gaya dan desain sofa bermunculan demi memenuhi keinginan konsumen yang menginginkan furniture stylish. Termasuk dalam hal ini adalah hadirnya sofa tanpa sandaran yang fungsinya sangat flexibel. Bentuknya yang simple, tanpa sandaran, dan lebih kecil dari sofa biasa membuat sofa ini fleksibel penempatannya. Sofa ini dapat digunakan untuk suasana formal, keluarga hingga perkantoran

Perkembangan Produk Minimalis
F Christian J. Sinar Tanudjaja, 52, arsitek dan desainer interior Universitas Atmajaya Jogja, menyebutkan bahwa sofa jenis ini perkembangan produk minimalis sehingga cocok digunakan di ruangan yang sempit.
Peletakannya pun cukup mudah. Dapat diletakkan di tengah ruangan, ataupun di sisi pojok dan pinggir. “Sofa tanpa sandaran sangat tepat untuk mempertegas kesan luas pada ruangan,” kata Christian.

Penggunaan Sofa Tanpa Sandaran
Selain diperumahan, sofa tanpa sandaran juga dipergunakan di kafe, perkantoran, salon, khususnya di ruangan tempat orang menunggu. Bahannya yang terbuat dari busa dan bahan-bahan yang lembut akan menambah kenayamanan sofa tanpa sandaran. Dari segi kenyamanan mungkin bisa dibilang kurang nyaman karena anda terbiasa dengan sandaran di sofa
Untuk pilihan warna bisa disesuaikan dengan warna ruangan. Pilihan warna yang tepat akan membentuk karakter ruangan. Cobalah memilih warna sofa yang tidak sama dengan warna ruangan. Gunakan warna yang gelap selain hitam. Warna yang kalem banyak digunakan untuk orang-orang tua. Sementara warna cerah yang berwarna-warni cocok untuk anak-anak.

Mengatasi Masalah Rayap Di Rumah


Furniture kayu sangat rentan terhadap serangan. Semakin lama rayap dibiarkan menyebar maka semakin besar pula kemungkinan mereka mengakibatkan kerusakan yang lebih jauh lagi. Oleh karena itu perlu pencegahan dan pengendalian terhadap penyebaran binatang rayap pada furniture kayu Anda.

Pencegahan Rayap
Untuk mencegah rayap berkembang pada furniture kayu baik di dalam maupun di luar rumah perlu dilakukan antisipasi di antaranya adalah :

1.  Buang bahan – bahan kayu yang tersisa di halaman rumah seperti sisa – sisa tunggak kayu dan juga tebanglah pohon-pohon tua yang sudah mati.

2.  Hindarkan kontak langsung antara tanah dengan bagian – bagian kayu dari bangunan rumah.

3.  Pakai bahan kayu yang awet atau yang tahan terhadap serangan rayap. Contohnya dengan menggunakan kayu jati.

4.  Beri furniture berbahan kayu dengan ramuan anti rayap seperti garam wolman dan kreosot. Wolman dengan retensi yang cukup bisa digunakan untuk menangkap rayap yang menyerang jenis kayu di bawah atap, sedangakn kreosot bisa digunakan untuk bahan kayu yang berada di luar bangunan.

5.  Anti rayap yang efektif adalah dengan membuat benteng yang kuat di bagian pondasi bangunan dengan cara mencampurkan bahan podasi dengan termitisida.

Kesimpulan
Sebaiknya lakukan pencegahan sebelum terserang rayap. Perhatikan pula perawatan furniture bahan kayu Anda, sebisa mungkin hindarkan furniture berbahan kayu dari air dan kelembaban. Bila bangunan dan barang – barang kayu Anda sudah terserang rayap, maka lakukan penanganan dengan cara yang ramah lingkungan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...