Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Memilih Bahan Material Rumah Bernuansa Alami


Dalam memilih bahan material perlu memperhatikan mutu dan biaya yang dikeluarkan untuk bahan material tersebut. Untuk meminimalisir biaya pembangunan bisa menggunakan bahan bangunan yang sederhana namun bermutu seperti penggunaan material lokal.

Batu bata
Batu bata merupakan salah satu material yang banyak diproduksi oleh masyarakat Indonesia. Gunakanlah batu bata dari produsen setempat karena dapat menghemat biaya dan mengurangi resiko rusak selama perjalanan. Jika batu bata ini ingin diekspos pada bangunan maka pilihlah batu bata KW1 atau 2.
Anda juga bisa menggunakan batu bata yang berasal dari tanah lempung. Batu bata lempung ini lebih tahan lama, tidak mudah retak dan harganya lebih ekonomis dibandingkan batu bata biasanya. Kelebihan lainnya adalah tahan air dan lebih kedap suara.

Bambu
Bambu merupakan material yang cukup murah karena dapat tumbuh subur dan masa panen yang cepat di Indonesia. Tetapi jika bambu ini ingin dijadikan struktur bangunan, perlu cara khusus agar bambu tidak mudah keropos.

Kayu
Jika ingin menggunakan material kayu, carilah kayu murah di pasar material bekas. Kayu bekas bongkaran rumah yang sudah kering bagus digunakan untuk material bangunan karena tidak mengalami susut muai lagi.
Kayu kelapa juga bisa dijadikan bahan pengganti kayu lainnya. Harga kayu kelapa juga relatif murah karena bahan yang tersedia cukup banyak dan belum begitu populer.

Kesimpulan
Memilih bahan lokal untuk bangunan rumah selain harganya yang lebih murah juga dapat menghasilkan nuansa alami dan klasik pada rumah Anda. Jadi jika Anda menginginkan nuansa rumah yang alami Anda bisa menggunakan material lokal tersebut sebagai bahan bangunan rumah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...