CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Konstruksi Rumah Hemat


Struktur memiliki pengaruh yang sangat penting dalam anggaran biaya pembangunan rumah karena dalam pembuatan struktur terkadang bisa menghabiskan 40-50% dari total biaya. Dibawah ini akan dibeberapa beberapa tips untuk memenuhi konstruksi rumah yang murah.

Ukuran Rumah
Pastikan ukuran rumah Anda menggunakan angka genap atau kelipatan angka panjang dari bahan material. Contohnya untuk baja, ukuran 3 meter, 6 meter, 9 meter adalah angka ideal. Untuk beton , kelipatan 4 meter merupakan angka yang efektif.

Bentuk Rumah
Bentuk denah rumah yang kotak atau persegi panjang condong akan lebih murah dan efisien dibanding segitiga atau denah bersudut lainnya. Contonya, jika bentuk denah melengkung biasanya akan menyisakan bahan material cukup banyak.

Lahan Rumah
Kondisi lahan dapat mempengaruhi besar kecilnya biaya struktur dan konstruksi. Contohnya jika lahan mempunyai kemiringan yang cukup curam akan menambah biaya perataan tanah.

Kondisi Cuaca dan Iklim
Perhatikan bentuk struktur dan konstruksi rumah tradisional setempat. Untuk rumah vernakular biasanya sudah mengalami proses trial and error sehingga desain rumahnya sesuai dengan kondisi alam.

Sumber Daya Manusia
Pilihlah mandor yang handal jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengawasi pembangunan akan tetapi biayanya akan sedikit lebih mahal.

Kesimpulan
Menentukan desain rumah juga ada baiknya disesuaikan dengan bentuk struktur maksimal sebuah bangunan tetapi dengan penggunaan material yang tidak menyisakan banyak bahan. Perhatikan juga kondisi sekeliling lahan agar bisa menentukan penggunaan material secara maksimal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...