CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Merawat Dapur di Rumah Anda


Di setiap rumah pasti memiliki ruang untuk mengolah bahan mentah makanan hingga makanan sudah siap saji. Ruang tersebut bernama dapur. Dapur mempunyai peranan penting di dalam rumah Anda. Jadi jagalah dapur Anda tetap bersih dan terawat.

Pengertian Dapur
Dapur merupakan sebuah tempat atau ruang yang digunakan untuk melakukan aktivitas memasak dan mengolah makanan. Dapur juga tempat untuk menyimpan peralatan yang digunakan untuk memasak dan mengolah makanan.

Dapur Sehat
Fungsi dapur sangat komplek dalam menyediakan menu makanan Anda sehari – hari maka dari itu dapur perlu dijaga kesehatan dan keamanannya. Dapur yang tidak sehat akan dapat menumbuhan bakteri dan virus yang dapat meracuni makanan serta mempengaruhi kesehatan manusia. Selain itu dapur juga rawan terhadap keamanan, karena di dalamnya terdapat berbagai peralatan berbahaya dan bahan bakar. Oleh karena itu kesehatan dan keamanan di dalam dapur perlu diperhatikan agar tidak berbahaya bagi keluarga Anda.

Menciptakan Dapur Sehat
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan dapur yang sehat dan aman antara lain adalah :

1.  Sirkulasi Udara
Pastikan area dapur memiliki ventilasi yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Semakin banyak ventilasi semakin baik untuk sirkulasi udara di saat sedang memasak. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya bau tak sedap dan keracunan gas yang keluar dari asap maupun gas kompor (NO2 – Nitrogen Dioksida).
Gunakanlah exhaust fan untuk membantu mengeluarkan asap dan uap dari proses masakan, karena exhaust fan menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang.
Selain itu, kompor perlu juga dipasang cooker hood untuk mengalirkan asap dan uap dari proses memasak.

2.  Pencahayaan
Cahaya di dapur bisa didapatkan dari sinar matahari dan cahaya lampu. Pastikan ruang dapur Anda memperoleh cukup cahaya matahari untuk penerangan, membunuh bibit-bibit bakteri dan juga dapat menghindarkan dapur dari binatang pengganggu, seperti kecoa dan tikus.
Dapur juga perlu diberi pencahayaan buatan yang cukup terang. Pencahayaan buatan ini bisa didapat dari lampu. Pasanglah cahaya lampu tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup yang bisa memfokuskan Anda dalam memasak.

3.  Material
Gunakanlah material dinding yang tahan terhadap panas dan uap seperti keramik karena selain kuat juga mudah dibersihkan, harganya pun lebih terjangkau daripada granit. Jangan gunakan dinding yang bertekstur karena celah-celahnya akan sulit dibersihkan dan dapat menjadi timbunan kotoran, debu, dan minyak.
Gunakanlah material lantai yang tidak licin karena area dapur rentan sekali tepercik minyak dan air. Hindarkan area memasak dari material yang mudah terbakar, seperti bahan kayu. Sebaiknya pilih material yang tahan terhadap api dan panas seperti, stainless steel, granit, dan keramik.

4.  Peralatan
Jika Anda mempunyai peralatan elektronik seperti lemari pendingin, dishwasher, dan microwave, gunakanlah seefisien mungkin karena peralatan tersebut dapat mengakibatkan efek radiasi elektromagnetik. Letakkan microwave dan oven jauh dari jangkauan anak-anak. Usahakan tidak terlalu sering mengolah makanan dengan menggunakan microwave, karena gelombang mikro pada microwave dapat menghilangkan gizi pada makanan.
Untuk perlatan makan gunakan material keramik/porselen daripada plastik, karena zat kimia yang terdapat pada plastik dapat mengkontaminasi makanan.

5.  Kebersihan
Bersihkan dapur dari minyak dan remah-remah makanan setiap kali anda selesai memasak untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan jamur.
Buanglah sampah dapur satu kali dalam sehari. Jika sampah tidak dibuang lebih dari 1 hari dapat menumbuhkan bakteri dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan penghuninya.
Gunakanlah filter air untuk mengurangi bakteri dan virus yang mungkin terkandung di dalam air, sehingga air yang dikonsumsi terjamin kebersihan dan kesehatannya. Jangan gunakan chlorine pada air, karena chlorine bersifat korosif dan dapat menggangu kesehatan kulit dan mata.

6.  Keamanan
Jangan menyemprotkan pestisida atau obat serangga untuk memberantas hewan pengganggu di area dapur dikarenakan obat serangga bersifat neurotoxic (racun yang mengganggu syaraf) dan mengandung karsinogen. Jika ingin menyemprotkan obat serangga, pastikan dulu ventilasi dalam keadaan terbuka lebar-lebar.
Jangan memanaskan minyak hingga mengeluarkan asap, karena berakibat minyak menjadi beracun.

Kesimpulan
Dari beberapa langkah tersebut maka dapur anda akan menjadi ruang yang sehat dan aman bagi keluarga anda. Untuk menambah kebersihannya, ada baiknya Anda melakukan pembersihan dapur keseluruhan secara berkala karena dapur rentan dengan kotoran yang timbul di sebabkan asap dan uap.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...