Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

5 Aliran Gaya Desain Interior


Aliran gaya desain modern sekarang ini kebanyakan mengarah ke desain barat. Hal ini dikarenakan desain barat berkesan modern. Gaya desainnya pun beragam jenisnya. Jika Anda ingin membangun sebuah rumah tak ada salahnya Anda membaca artikel ini sebagai tambahan referensi dalam mendesain rumah Anda.

Art Nouveau
Art Nouveau merupakan aliran gaya desain yang berkembang sekitar tahun 1890-1914. Selain di dunia desain, Art Nouveau juga berkembang di dunia arsitektur seperti terlihat dari pemakaian tralis yang yang berbentuk sulur-sulur tanaman .
Karakter Art Nouveau merupakan tambahan dari nilai-nilai antara garis-garis yang bergelombang, kesederhanaan komposisi, bentuk yang distilir dan latar belakang yang dekoratif. Sekarang ini, Art Nouveau mulai trend kembali di dunia periklanan dan design.
Contoh Karya Art Nouveau :

De Stijl
De Stijl merupakan gerakan di tahun 1920an. De stijl dalam bahasa inggrisnya adalah the style. Konsep de stijl ditujukan untuk mewujudkan abstraksi dan keuniversalan dengan mengurangi campur tangan bentuk dan kekayaan warna semaksimal mungkin. Komposisi visual disederhanakan menjadi bidang dan garis dalam arah horisontal dan vertikal dengan menggunakan warna-warna primer di samping warna hitam putih .
Konsep de Stijl adalah bentuk abstrak komposisi warna dalam bentuk dua dimensi yang kemudian juga menghasilkan kesan ruang. Konsep ini sangat banyak pemanfaatannya di bidang interior dan arsitekrur.
Contoh karya De Stijl :

Futurisme
Futurisme merupakan aliran yang muncul di Itali tahun 1909. Prinsip Futurisme ini mendobrak paham kubisme yang dipandang statis dalam hal komposisi, garis, warna, serta ritmenya. Futurisme memiliki semboyan “Keindahan dalam artinya yang baru adalah bila mobil meluncur bagaikan peluru”. Prinsip Futurisme ini mempengaruhi lahirnya gaya Constructivism di Russia.
Contoh Karya Futurisme :

Art Deco
Art Deco merupakan gaya desain inovatif yang populer pada tahun 1920 – 1930an. Gaya ini biasanya diaplikasikan pada desain furnitur, desain interior, seni perhiasan, tekstil, dan keramik. Kesan tampilan Art Deco yang sangat menonjol adalah kesan mewah dan kepuasan yang berlebihan tanpa fungsi yang jelas. Karakter aliran Art Deco berupa garis rapi, stabil, tajam, manis, mengkilap dan hiperbola. Seperti contohnya dari beberapa penggunaan material yang sangat mengkilap seperti Krom , batu perhiasan yang dipoles , dll.
Contoh Karya Art Deco:

Art And Craft
Art And craft merupakangerakan reformasi yang mempengaruhi gaya arsitektur dan seni dekoratif yang berlangsung pada akhir abad ke 19 dan awal abad 20 di Amerika dan Inggris. Alasan munculnya pergerakan ini adalah karena ingin mencari gaya seni yang “asli dan bermakna” sebagai bentuk protes dari hasil produk mesin yang dianggap “tidak bernyawa” karena adanya revolusi industri.
Contoh Karya Art And Craft:
 Kesimpulan Gaya Desain
Selain ke lima aliran gaya desain di atas, sebenarnya masih banyak lagi gaya desain yang digunakan dalam desain interior seperti bauhaus, constructivism, pop art dan berliner plakat. Tetapi dari ke lima airan gaya desain tersebut bisa menjadi inspirasi Anda dalam memilih gaya desain interior untuk bangunan rumah Anda. Sebaiknya pilih gaya desain rumah Anda sesuai dengan karakter Anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...