Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Menata Arah Pencahayaan Pada Rumah


Pencahayaan yang ada pada rumah tidak hanya terbatas pada cahaya alami tetapi juga cahaya buatan. Cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan rumah tidak dapat diatur tingkat intensitasnya sehingga Anda membutuhkan pencahayaan buatan untuk memberi efek yang Anda inginkan pada bangunan rumah Anda.

Arah Pencahayaan
Selain memberi penerangan, arah dan posisi penempatan pencahayaan dapat menimbulkan efek yang berbeda – beda.

1.  Downlight
Arah pencahayaan ke bawah atau downlight merupakan pencahayaan yang memberikan efek terhadap bangunan secara merata. Arah pencahayaannya berasal dari lampu yang ditanam pada plafond, pada lampu yang menempel tembok atau bisa berasal darilampu gantung. Lampu yang digunakan untuk pencahayaan ke bawah biasanya berupa lampu pijar, neon dan compact fluorescent.

2.  Uplight
Arah pencahayaan ke atas atau uplight merupakan pencahayaan yang arah cahayanya dari bawah ke atas sehingga dapat menimbulkan efek mewah dan memunculkan dimensi bagian rumah yang ingin Anda tonjolkan.
Uplight dapat biasanya digunakan untuk pencahayaan pada taman yang ditempatkan di dekat vegetasi tanaman. Lampu yang biasanya digunakan berupa lampu halogen dan lampu fluorescent.

3.  Backlight
Arah pencahayaan dari belakang atau backlight merupakan pencahayaan yang berasal dari belakang obyek. Pencahayaan secara backlight dapat memunculkan detail dari sebuah obyek dengan lebih jelas. Efek pencahayaannya akan memberikan aksen pada obyek yang ingin ditonjolkan, seperti memunculkan bayangan atau cahaya pendar yang mengelilingi obyek.

4.  Slidelight dan Fontlight
Arah pencahayaan lainnya adalah sidelight dan frontlight. Kedua efek ini memiliki konsep yang sama. Kedua pencahayaan ini sering digunakan untuk memberi efek pada benda-benda seni seperti foto, lukisan dan artwork lainnya. Lampu yang biasanya digunakan adalah striplighting dan lampu halogen.

Kesimpulan
Berbagai macam teknik pencahayaan di atas memberikan efek yang berbeda – beda. Sesuaikan efek pencahayaan pada rumah Anda sesuai dengan konsep yang Anda inginkan dan sesuai dengan nilai estetika ruangan. Atur intensitas pencahayaannya baik dari segi penempatannya maupun ruangannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...