Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Membeli Sofa Yang Nyaman


Jangan terburu-buru saat anda ingin membeli sebuah sofa. Karena selain berfungsi sebagai tempat duduk sofa juga berfungsi membangun suasana yang anda ciptakan dalam rumah anda. Selain itu gaya dan bentuk sofa perlu anda perhatikan ketika anda ingin melengkapi rumah anda dengan sofa baru. Berikut beberapa tips dalam memilih dan membeli sofa baru untuk rumah anda

1. Ukuran Sofa
Pastikan ukuran sofa sesuai dengan ruang yang tersedia. Termasuk juga ukuran meja dan benda pelengkap lainnya. Berikanlah ruang yang cukup agar ruangan anda tidak terlalu sempit.

2.  Tinggi Punggung Sofa
Perhatikan tinggi punggung sofa. Apakah mengganggu atau mempengaruhi kenyamanan baik orang yang menggunakannya maupun ruangan tempat sofa diletakkan.

3.  Gaya Ruangan
Sesuaikan dengan gaya ruangan. Jika diletakkan di ruang keluarga, pilihlah sofa yang tidak bergaya formal, namun lebih empuk, memiliki bantal, dan nyaman untuk beristirahat. Sebaliknya untuk ruang tamu yang formal, pilih sofa yang tidak terlalu empuk, sebab tamu yang duduk akan kesulitan bangkit dari duduknya.

4.  Bentuk Sofa
Perhatikan bentuk sofa. Sofa dan furniture lainnya haruslah memenuhi syarat ergonomic (sesuai ukuran tubuh). Saat duduk, telapak kaki harus bisa menginjak lantai dan tidak menggantung. Bila sofa memiliki bagian untuk meletakkan lengan, pilih yang cukup tingginya dan nyaman. Begitu pula dengan posisi punggung sofa: tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu miring. Begitu juga dengan ‘kedalaman’ sofa, harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk.

5.  Bahan Pembungkus Sofa
Pilihlah bahan pembungkus sofa dengan benar. Mulai dari katun, denim, kanvas, polyster, kulit sintetis, sutera, beludru atau kulit asli. Semua bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan dari kulit asli misalnya, bisa awet puluhan tahun, asalkan dirawat dengan benar. Atau bahan dari kain katun, mempunyai aneka ragam corak yang cantik, namun cepat robek.
Itulah beberapa tips dalam membeli sofa. Meskipun sofa juga dapat memberikan nuansa nyaman ataupun formal dalam ruangan, yang perlu diingat adalah kebutuhan anda sendiri. Fungsi apa yang anda butuhkan pada ruangan tersebut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...