CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

3 Tokoh Dalam Desain Interior


Ada beberapa tokoh dalam sejarah desain interior yang mempengaruhi keilmuan desain interior sekarang ini. Ada beberapa tokoh yang mempengaruhi lahirnya gaya desain interior pada era modern (setelah revolusi industri) diantaranya adalah:

1.       Charles Rennie Mackintosh (1868-1928)
Karya Mackintosh mengarah pada seni dan Kriya (arts and crafts), namun mengarah lebih jauh pada suatu gerakan pembebasan yang disebut dengan gerakan Art Nouveau yang berpengaruh cukup besar di antara desainer daratan eropa (continental designer) terutama yang bermarkas di Vienna.
Gerakan art and craft bertujuan untuk mereformasi desain victoria (victorian design) dan selera (taste) masyarakat pada masa itu. Gerakan ini melakukan penolakan terhadap ornamentasi produksi-massa yang tidak bermakna, dengan menekankan kejujuran dalam ekpresi desain terhadap realitas fungsi, material dan teknik serta berpikir ke depan, meskipun dengan cara yang radikal dan kontroversial.

2.       Antoni Gaudi (1852-1926)
Figur yang dominan dalam karya desain di Barcelona-Spanyol adalah Antoni Gaudi. Antoni Gaudi merupakan tokoh pelopor dari “perbendaharaan bahasa visual” stiliasi bunga (vocabulary of flowing curves ) dalam interior yang berkarakter yang kuat dengan teknik tinggi dan detail yang sangat dekoratif.
Antonio Gaudi mengembangkan garis lengkung yang fantastic yang kadangkala menyerupai sambungan tulang. Proyek terakhirnya yang fantastik adalah Sagrada Familia Church (1903-1926).



3.       Gerrit Rietveld (1888-1964)
Karya dari gerakan De Stijl (the style) merupakan karya yang dibuat oleh Gerrit Rietveld. Penggambaran karyanya berupa blok garis lurus yang menciptakan sesuatu yang kompleks dengan dinding yang saling menopang (interpenetrating planes of wall), atap, dan geladak yang memproyeksikan dan void yang dilengkapi dengan kaca gelas dalam bingkai logam.
Bagian atas ruang keluarga (living room) dipisahkan oleh sistem panel geser (sliding panels) yang mengijinkan pengaturan kembali untuk mendapatkan variasi bukaan ruang.
Pengaruh gerakan De Stijl dalam modernisasi desain (interior) tidak secemerlang dengan gerakan serupa yang muncul di Jerman dan Perancis

Kesimpulan
Selain ke tiga tokoh di atas masih ada beberapa tokoh yang mempengaruhi munculnya gaya desain interior modern diantaranya adalah alvar aalto, Pierre chareau, Philip Johnson, walter gropius, herman hetzberger dan charles eames. Tokoh – tokoh di atas mempunyai paham masing – masing dalam menguraikan seni desainnya. Tetapi masing – masing mempunyai karakter unik dalam seni yang berbeda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...