CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Membangun Rumah Efektif dan Efisien


Salah satu cara dalam mewujudkan rumah murah adalah dengan menekan biaya pembangunan dari awal.  Diperlukan rencana anggaran biaya untuk perencanaan awal rumah murah. Menciptakan rumah murah bisa dengan menggunakan prinsip desain yang efektif dan efisien.

Definisi Desain Efektif dan Efisien
Desain yang efektif dan efisien merupakan desain atau hasil rancang bangun dengan perencanaan yang tepat dan bermanfaat secara maksimal.

Tips Mendesain Rumah Efektif dan Efisien
Adapun beberapa tips yang bisa digunakan dalam membangun rumah yang efektif dan efisien diantaranya adalah :
1.  Gunakan desain layout yang sederhana dan tidak berliku – liku karena pengeluaran untuk menekan biaya material. Hindari koridor yang panjang atau lorong gelap.
2.  Terapkan layout open plan yang artinya tidak menyekat setiap ruang yang ada. Jika ada ruang yang bisa disatukan, maka buatlah menjadi satu ruang terbuka yang besar.
3.  Buatlah orientasi bukaan mengikuti arah utara-selatan agar mendapatkan pencahayaan alami tanpa membuat rumah terasa panas karena tersorot sinar matahari secara langsung.
4.  Letakkan titik lampu secara tepat agar mengurangi biaya instalasi listrik.
5.  Atur ukuran pintu dan jendela. Sebaiknya perbesar ukuran bukaan dari pintu dan jendela agar sinar matahari yang masuk semakin banyak.
6.  Sesuaikan tinggi plafon dengan tinggi penghuni dan iklim. Jika ingin menggunakan pendingin ruangan cukup atur ketinggian plafon sesuai dengan tinggi penghuni karena dapat menghemat biaya dinding.

Kesimpulan
Membangun rumah murah tetapi tidak murahan sebenarnya mudah asal Anda mengetahui trik-trik  dalam membangunnya salah satunya dengan menciptakan desain rumah yang efektif dan efisien. Selain tips di atas ada satu hal yang tak kalah penting dalam membangun rumah efektif dan efisien yaitu penggunaan materialnya. Sebaiknya ekspos plafon dan dinding bata rumah Anda dan juga penambahan tanaman rambat di fasade bangunan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...