Cari

Memuat...

Kamis, 02 Agustus 2012

Plafon Asbes Untuk Rumah


Hampir setiap rumah memasang plafon di atap – atap rumahnya. Plafon merupakan bagian atap rumah yang berfungsi sebagai pembatas atas ruangan, memperindah ruangan dan untuk keamanan.

Bentuk dan Bahan Plafon
Design plafon sekarang ini sangat beragam ada yang polos, ukiran, bulat sampai kotak. Begitu pula dengan bahannya. Bahan plafon beragam mulai dari plafon gypsum, asbes, alumunium, triplek, metal, serat fiber atau GRC dan plafon akustic. Dari beberapa bahan plafon tersebut kali ini kita hanya akan membahas tentang Plafon Asbes/Eternit. Plafon asbes ini memiliki partikel asbestos yang dapat berbahaya bagi kesehatan bila terhirup. Oleh karena itu harus berhati – hati jika kita memilih bahan asbes sebagai plafon.

Kelebihan dan Kekurangan
Setiap plafon pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri – sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dari plafon asbes/eternit yaitu

1.  Kelebihan
  • Mudah diperoleh di toko – toko bangunan.
  • Plafon asbes ringan sehingga tidak membutuhkan rangka plafon yang terlalu kuat.
  • Mudah dalam perbaikan jika plafon rusak
  • Pemasangan plafon asbes lebih cepat dan mudah 

2.  Kelemahan
  • Mudah rusak dan tidak tahan benturan secara langsung
  • Harus berhati – hati dalam pemasangannya karena plafon ini mudah retak dan patah 

Kesimpulan
Dari sekian banyak jenis plafon sebaiknya plafon asbes dihindari karena dapat beresiko tinggi terhadap penyakit paru – paru. Tetapi plafon asbes punya keunggulan dapat tahan terhadap kebocoran rumah. Jika ingin memasang plafon asbes sebaiknya dipasang dengan rangka besi hollow atau kayu dengan alat sambung dari skrup atau rivet/fiser.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...