Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips/ Cara Membuat Desain Kamar Mandi Sehat


Mendesain kamar mandi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membangun rumah. Karena kamar mandi merupakan salah satu tempat vital kita melakukan kegiatan bersih diri. Maka dari itu kamar mandi juga harus merupakan tempat yang nyaman bagi kegiatan tersebut.

Desain Kamar Mandi
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain kamar mandi yaitu :

1.  Aliran Udara
Pasanglah tempat aliran udara yang dapat mengatur aliran udara yang masuk dan keluar dari kamar mandi. Hal ini untuk mencegah bau yang tidak sedap dari ruang kamar mandi.

2.  Letak Dari Kamar Mandi
Karena kamar mandi termasuk tempat privat keluarga maka hindarkan kamar mandi dari pandangan publik luar.

3.  Ketersediaan Air
Periksa ketersediaan air yang ada. Jika air susah didapat pasanglah jenis kamar mandi basah yang bertujuan agar terdapat tempat penampungan air, tetapi jika air mudah didapat jenis kamar mandi kering dan basah dapat digunakan.

4.  Material Lantai
Jangan memasang lantai yang bermaterial licin. Gunakan lantai yang agak kasar/tidak rata agar Anda tidak terpeleset ketika lantai basah.

5.  Sistem Pembuangan
Tempat pembuangan akhir dan jalurnya pun perlu diperhatikan. Jangan sampai sistem pembuangan dapat membuat genangan air kotordi sekitar lingkungan luar rumah yang bisa menjadi sumber penyakit.

6.  Pengeringan Ruangan
Buatlah lokasi kamar mandi agar terkena sinar matahari agar kamar mandi tidak menjadi lembab. Karena jika kamar mandi terlalu lembab dapat menimbulkan sumber-sumber penyakit. Jaga kamar mandi dari tumbuhnya lumut karena bisa membuat kamar mandi menjadi licin.

7.  Warna
Gunakanlah warna yang terang atau cerah agar kotoran yang menempel pada material kamar mandi dapat terlihat sehingga mudah dalam pembersihannya.

8.  Pencahayaan
Pasanglah pencahayaan yang cukup pada kamar mandi agar mudah dalam penglihatan di dalam kamar mandi.

Semoga tips di atas memberikan pencerahan bagi Anda jika ingin mendesain kamar mandi. Ketika kita sudah mempunyai kamar mandi tersebut, jangan lupa perhatikan kebersihan dari kamar mandi. Sebaiknya bersihkanlah kamar mandi secara berkala 3 hari sekali. Sekian terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...