Halaman

CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Lantai Kayu Berbahan Kayu Solid (Solid Hardwood)


Lantai kayu akan memberikan nilai estetika yang lebih baik jika dibandingkan dengan lantai jenis batu. Ada dua jenis material yang biasanya digunakan untuk lantai kayu yaitu solid hardwood (kayu solid) dan engineered hardwood (kayu buatan). Pada artikel kali ini, kami hanya menyajikan materi tentang solid hardwood flooring atau lantai kayu solid.

Solid Hardwood Flooring
Lantai ini berupa kayu solid yang berbentuk 'plank' dengan ketebalan sekitar 18mm. Terdapat alur dan lidah pada bagian samping untuk model standar. Ada beberapa produsen yang terkadang memproduksi kayu ini dengan ketebalan 10mm.

Kelebihan Solid Hardwood
Kelebihan dari jenis kayu ini adalah bisa diamplas ulang setelah pemakaian selama beberapa waktu. Lantai kayu ini kebanyakan tidak melalui proses finishing tetapi terkadang hanya menggunakan finishing dasar karena proses finishing akhirnya dilakukan ketika lantai kayu sudah terpasang.

Kekurangan Solid Hardwood
Kekurangan dari lantai Solid Hardwood Flooring yang paling utama adalah kemungkinan adanya penyusutan karena bahannya terbuat dari 100% kayu solid. Oleh karena itu pada pemasangannya selalu disisakan beberapa milimeter antara lantai kayu dengan dinding. Untuk lantai kayu solid yang tipis pemasangannya cukup dengan menggunakan staples atau lem, sedangkan untuk lantai kayu yang ketebalannya 18 mm harus menggunakan alat khusus.

Kesimpulan
Untuk pemasangan kayu solid lantai yang ukurannya tebal, bisa dipasang dengan menggunakan paku atau alat khusus. Lantai kayu yang telah difinishing dasar pada sisi atas lidah & alur akan dibuat 'bevel' kecil. Untuk menutupi jarak antara dinding dengan kayu solid biasanya dapat ditutup dengan ‘plinth’ lantai

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...