CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Komponen dan Bahan Pembuat Sofa


Dalam sebuah sofa pasti terdapat komponen – komponen pembuatannya yang bisa menyebankan komponen tersebut tahan lama.

Komponen Yang Terdapat Dalam Sofa
Berikut kami postingkan beberapa komponen yang terdapat pada sofa :

1.Rangka/Frame
Rangka merupakan elemen pembentuk model sofa yang diinginkan. Ada 2 jenis bahan penyusun rangka, yaitu kayu dan besi.

2.Pegas
Pegas berfungsi sebagai penahan dudukan dan sandaran pada sofa. Pegas yang baik adalah yang lentur dan dapat menahan gaya berat dari tubuh seseorang yang mendudukinya. Pemasangan pegas pada sofa dibangun pada bagian rangkanya. Ada 2 jenis pegas yang umum digunakan yaitu :
a. Per adalah pegas dari logam yang disusun pada rangka sofa.
b. Webbing adalah pegas pada sofa yang dibuat dari anyaman karet yang saling bersilangan.

3.Dudukan
Dudukan merupakan bagian yang paling penting dalam menentukan tingkat kenyaman sofa. Dudukan terbuat dari susunan busa/foam. Penggunaan busa yang berkualitas sangat menentukan tingkat keawetan suatu sofa. Dudukan yang bagus adalah yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu empuk. Jika dudukan terlalu empuk maka akan menyebabkan daya pantul hilang dan menjadikan upholstery menjadi kendor.

4.Sandaran
Selain dudukan, sandaran juga menentukan kenyamanan pada sebuah sofa. Sandaran sofa bisa terbuat dari busa, dakron maupun bulu angsa tergantung pada bentuk sandarannya. Dengan menggunakan sandaran dari busa, maka bentuk sofa akan lebih rapi, sedangkan sandaran dari dakron digunakan untuk model sandaran yang berbentuk bantal. Bahan lain yang bisa digunakan adalah bulu angsa, tetapi hal ini akan membuat harga sofa menjadi lebih mahal.

5.  Upholstery
Keindahan sofa bisa terlihat dari pelapis luarnya (upholstery). Bahan upholstery sangat beragam baik produk lokal maupun impor sehingga dapat memberikan banyak alternatif untuk sofa. Jenis upholstery ada yang berbahan kain atau kulit. Bahan kulit ada 2 jenis yaitu kulit asli dan sintetis yang sering dikenal sebagai PVC leather atau Oscar.

Jadi jika Anda ingin membuat ataupun membeli sofa perhatikanlah 5 kualitas bahan dari pembentuk sofa di atas. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...