CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Tips / Cara Menata Pencahayaan Pada Kamar Mandi



Faktor pencahayaan memegang peranan penting dalam interior rumah. Suasana dan tema ruangannya pun akan terdukung dengan elemen yang satu. Dengan teknik pencahayaan yang tepat, dapat menghadirkan suasana ruangan yang diinginkan, seperti kemewahan atau hangat. Tidak selalu ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar makan saja yang perlu diatur pencahayaannya, tetapi juga dapat mengatur pencahayaan untuk kamar mandi. Kamar  mandi ini pun dapat disulap menjadi tempat yang menarik dengan penataan interior dan pencahayaan yang tepat. Selain lampu utama untuk menerangi kamar mandi secara keseluruhan, Anda juga dapat mengikuti kaidah umum teknik pencahayaan dalam ruangan yang pada umumnya seperti berikut ini:   

"Task lighting"
Sesuai dengan namanya, task lighting (pencahayaan setempat) digunakan untuk memberikan pencahayaan di tempat tertentu yang membutuhkan lebih banyak cahaya. Contohnya adalah dalam memberi penerangan di dekat cermin di kamar mandi untuk membantu proses berdandan.

Satu kesalahan yang sering terjadi saat memasang lampu di cermin adalah dengan memasangnya tepat berada di atas cermin. Bermaksud untuk memberi penerangan, justru malah menimbulkan bayangan pada wajah sehingga menyulitkan untuk melihat wajah dengan baik. Untuk itu, pasanglah lampu di bagian kiri dan kanan cermin dengan jarak 36-40 inci yang dapat memberikan bias lampu yang tepat pada wajah.

"Accent lighting"
Jenis penerangan ini lebih menyajikan penerangan pada titik tertentu sehingga memberikan kesan hangat di dalam kamar mandi. Misalnya saja untuk menerangi ornamen patung atau tanaman di sisi bath tub yang dapat menambah kenyamanan saat Anda berendam di dalamnya.
Ada beberapa faktor yang patut diperhatikan yaitu dalam menyesuaikan lampu dengan warna dominasi yang ada dalam kamar mandi Anda. Pada umumnya lampu yang digunakan untuk dekorasi adalah warns kuning. Kemudian perhatikan pula intensitas cahaya yang digunakan, khususnya untuk task dan accent lighting yang dipakai tidak boleh terlalu terang atau gelap karena dapat merusak unsur seninya. Untuk kemudahan mengatur gelap terangnya cahaya, Anda pun dapat menggunakan jenis lampu dimmer switch.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...