Halaman

CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Kiat Merawat Taman Mungil


Agar keindahan taman dapat dinikmati secara maksimal, sudah tentu kita harus menerapkan perawatan yang tepat. Dengan kata lain, kita memperhatikan apa saja yang dibutuhkan agar tanaman dalam taman kita dapat tumbuh sehat dan subur.
Sebagai pemilik taman yang berperan penting dalam memperhatikan dan merawat tanaman dalam taman. Secara garis besar, perawatan tanaman meliputi pemangkasan, penyiraman, pemupukan, dan perawatan untuk menjauhkannya dari serangga dan hama.

Pemangkasan
Tujuan pemangkasan adalah membuat bentuk tanaman sesuai dengan yang kita harapkan. Teknik dan tujuan pemangkasan tentu saja berbeda. Berikut kami jabarkan setiap cara dan tujuan pemangkasan untuk beberapa jenis tanaman.

1.Pohon
Alat yang biasa digunakan adalah mesin gergaji. Dengan menggunakan mesin gergaji ini, selain karena proses pemangkasannya lebih cepat, tetapi juga hasil potongan kayunya lebih rapi. Pemangkasan pohon biasa dilakukan sebelum musim hujan tiba agar dahan dan ranting yang dipangkas dapat cepat tumbuh kembali.

2.Semak
Pemangkasan semak biasanya dilakukan agar tanaman ini berbunga lebih cepat, ada juga bertujuan untuk mempertahankan bentuk dan ukuran yang unik. Alat yang umum digunakan adalah gunting tanaman yang ukurannya berneka ragam. Sebaiknya sesuaikan ukuran gunting dengan ukuran semak.

3.Rumput
Rumput berguna sebagai penutup agar tanah tidak mudah terkikis air hujan, berguna juga sebagai barrier agar pantulan cahaya matahari tidak langsung terserap tanah.
Alat yang digunakan adalah gunting rumput, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penyiraman
Tujuan penyiraman adalah untuk menurunkan tingkat penguapan yang terjadi akbat tingginya intensitas sinar matahari yang mengenai tanaman. Seringkali kita lihat orang menyiram tanaman pada pagi dan sore hari. Secara ilmiah, pemilihan waktu penyiraman ini didasari fakta bahwa dalam kurun waktu tersebut (pagi sebelum pukul 10 dan sore sesudah pukul 2) intensitas sinar matahari sudah tidak terlalu tinggi sehingga tanaman tidak akan mengalami stres akibat perbedaan suhu yang drastis.
Pada musim kemarau, saat curah hujan sangat rendah , tanaman amat membutuhkan suplai air.Sebaiknya sirami tanaman Anda lebih rutin pada musim ini. Peralatan yang lazim digunakan adalah ember, gayung, selang dan sprinkler.

Pemupukan
Untuk mendapatkan jenis pupuk yang tepat, yang paling penting untuk Anda ketahui adalah kebutuhan tanah dan tanaman. Dalam tanaman, komponen yang paling besar yang dibutuhkan tanaman sering disebut unsur makro. Yang termasuk unsur makro antara lain Nitrogen (N), Fosfor (P) dan Kalium (K). Unsur Nitrogen (N) dalam jumlah besar dibutuhkan tanaman yang sedang dalam masa pertumbuhan tunas daun. Supaya efektif, pilihlah jenis pupuk yang punya kandungan Nitrogen Tinggi. Sementara untuk tanaman yang sedang dalam masa pertumbuhan bunga, pilihlah jenis pupuk yang mengandung kandungan fosfor tinggi.

Penyiangan Gulma dan Pemberantasan Hama
Keberadaan gulma bisa menyebabkan perebutan nutrisi atau unsur hara yang sebenarnya diperuntukkan dan amat dibutuhkan oleh tanaman utama. Penyiangan gulma sebaiknya dilakukan secara berkala bisa dua minggu atau sebulan sekali. Ada dua metode penyiangan yang dapat dilakukan yaitu secara manual mencabutinya dengan tangan dan memanfaatkan bantuan arit dan cangkul.
Bentuk hama tanaman beragam, bisa berupa serangga yang kerap mengganggu daun dan dahan, siput yang membuat tanaman mati lemas, maupun tikus tanah yang kerap kali merusak kegemburan tanah. Serangga yang mengganggu tanaman dapat dibasmi dengan menyemprotkan cairan khusus pembasmi serangga tanaman. Menghindarkan tanaman dari siput dilakukan dengan menebar  garam di sekitar tanaman tersebut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...