Laman

Cari

Memuat...

Rabu, 01 Agustus 2012

Tips / Cara Mengatur Tingkat Ketingian Plafon Rumah



Mengatur arsitektur rumah tidak lepas dalam mengatur ketinggian plafon. Tinggi rendahnya plafon dapat ditentukan dengan memperhatikan kondisi sekeliling seperti iklim, proporsi ruang, sirkulasi udara dan pencahayaan.

Trend Rumah Masa Kini
Saat ini trend rumah yang dibangun adalah rumah dengan plafon tinggi. Rumah dahulu kala mempunyai tinggi plafon berkisar antara 250-260 cm, sedangkan untuk rumah modern sekarang ini  mempunyai tinggi plafon berkisar 280-300 cm bahkan bisa mencapai 4m hingga 7 m. Penentuan tingginya plafon tidak hanya berdasarkan selera tetapi juga untuk kenyaman dan estetika desain rumah.

Cara Menentukan Tinggi Plafon
Ada beberapa cara dalam menentukan tingginya plafon :

1.  Tinggi Rendahnya Plafon Bisa Ditentukan Dari Faktor Cuaca.
Jika tempat tinggal Anda beriklim dingin pasanglah plafon dengan ketinggian rendah, semisal di Jepang yang mempunyai iklim dingin tinggi plafon yang dipasang berkisar 2,4 - 2,5 meter. Tetapi jika tempat tinggal Anda beriklim panas seperti daerah pantai maka pasanglah plafon dengan tinggi yang bertujuan untuk mengatur sirkulasi udara dalam rumah agar tetap sejuk. Sebaiknya jika plafon tinggi aturlah derajat kemiringan plafon untuk memperidah ruang. Untuk plafon tinggi biasanya dipasang berkisar 2,8 - 3,2 meter.

2.  Atur Plafon Sesuai Dengan Proporsi Dan Estetika Desain.
Ruang yang proporsional akan menampakkan keindahannya. Untuk menentukan tinggi plafon standard berlaku rumus = (panjang+lebar)/2.  Rumus ini tidak baku dalam penentuan keidealan suatu ruang karena dapat diolah juga melalui penataan interiornya.

3.  Semakin Besar Ruangan Sebaiknya Semakin Tinggi
Semakin besar ruangan sebaiknya semakin tinggi plafonnya atau plafon bisa juga lebih tinggi dari lebar ruangan. Misalnya jika lebar ruang 8x5m tanpa sekat-sekat, Anda dapat membuat plafon 6m-7m. Hal ini bertujuan untuk melapangkan ruangan.

4.  Rumah Anda Berlantai 2 Berilah Void
Jika rumah Anda berlantai 2 berilah void. Void adalah ruang yang dibiarkan kosong di lantai dua sehingga pandangan dapat langsung terarah ke plafon lantai 2.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan dalam menentukan tingkat ketinggian plafon rumah Anda. Untuk lebih membantu, sebaiknya Anda menyewa jasa arsitek agar lebih membantu dalam menjaga estetika designnya. Sekian Tips dari kami semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...