CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Memilih Ubin Keramik Tepat Guna


Ketika Anda memilih ubin tertentu untuk rumah, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Misalnya, di ruang mana Anda akan memasang ubin? Apakah di kamar mandi atau dapur, tempat dimana sering terkena air? Apakah ruang itu akan sering menjadi tempat lalu lalang anggota keluarga? Atau, mungkin furniture di ruangan itu akan sering digeser atau diubah posisinya?
Itu semua adalah faktor kunci ketika Anda menentukan pilihan lantai keramik. Lantai keramik yang baik dapat bertahan berabad-abad, maka pilihan harus dibuat hati-hati, karena investasi pada keramik dapat setua umur rumah itu sendiri.

Perbedaan Keramik Dengan Yang Lain
Sepintas, banyak orang yang menyamakan antara keramik, marmer, porselin, ubin (traso)dan granit. Padahal alas lantai tersebut memiliki tingkatan kualitas barang dan harga yang berbeda sesuai desain pola keramik. Keramik lantai juga memiliki sifat rapuh, keras dan kaku. Pilihlah keramik lantai yang tidak kinclong dan tidak licin.
Di toko keramik, kadang Anda berjumpa dengan istilah KW1 atau KW2. Ubin keramik KW1 adalah ubin kualitas1 dan KW2 adalah ubin keramik kualitas 2. Secara kasat mata Anda tidak akan dapat melihat perbedaan antara KW1 dan KW2. Biasanya ukuran antara ubin-ubin KW2 tidak sepresisi ubin KW1. Selisihnya hanya 0,5 s/d 1 mm. Kalau Anda menghendaki nat yaitu ruang antara ubin sangat rapat sebaiknya Anda memilih KW1. Tetapi kalau Anda justru ingin memberi aksen pada nat yang lebar sebagai bagian dari interior, Anda cukup memilih ubin keramik KW2.

Pilihan Model Keramik
Beberapa opsi pilihan model keramik :

1.  Ubin Natural – Banyak model ubin yang dipakai di bangunan-bangunan lama dapat dijumpai sekarang. Biasanya jenis lantai ini berwarna natural atau bisque (off-white) terbuat dari tanah liat dibakar dan diwarnai sesuai keinginan. Kalau Anda mau menampilkan kesan klasik, alias mirip bangunan lama, bangunan etnik atau bangunan tradisional, maka ubin keramik natural adalah pilihannya. Finishing warna pada ubin keramik jenis ini biasanya tidak seragam antara satu ubin dengan ubin lain, dan justru menambah keindahan dan variasi. Tambahan pula, model ini biasanya tidak difinish halus licin : permukaan yang bergelombang tidak rata menambah kesan lama/kuno

2.  Ubin Keramik Berpola – Untuk tampilan yang lebih modern, kombinasi tua dan baru, keramik berpola dapat menjadi pilihan. Kombinasi tekstur natural dan teknologi modern tersedia sekarang. Ketika dipasang, seluruh efeknya adalah bersih, bentuk yang tegas dan memunculkan style ubin natural atau bahkan mungkin seperti batu alam.

3.  Ubin Glazed – Keramik Glazed biasanya diasosiasikan dengan lantai kamar mandi. Lantai jenis ini relatif mudah dipasang dan dapat diadaptasikan dimana saja, tersedia dalam berbagai warna dan pola. Tergantung pada gaya pribadi Anda, Anda dapat memadukan berbagai pola dan desain sesuai imajinasi Anda.

4.  Ubin Mosaik – Ubin mosaik tersedia dalam berbagai jenis material dan finishing mulai dari kaca samapi keramik. Ubin mosaik tersedia dalam aneka pola dan gambar dengan aneka warna yang hidup. Kombinasi mosaik dan jenis keramik lain dapat menambah efek cerah pada lantai
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...