Halaman

CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Konsep Tema dan Gaya Dalam Desain Interior


Menentukan jenis tema merupakan langkah awal dalam membangun suatu ruangan. Adapun beberapa konsep tema  yang dapat dipaparkan adalah sebagai berikut :

1. Klasik
Untuk Ruang keluarga biasanya didominasi dengan elemen berwarna tanah seperti warna cokelat tanah hingga cokelat muda serta menggunakan unsur kayu untuk memberikan kesan hangat dan ramah. Warna yang dominan digunakan pada furniture klasik adalah coklat natural sesuai dengan warna kayu atau menggunakan cat solid yang berwarna putih, kuning emas, putih perak, hitam atau coklat tua.

2.Modern Klasik
Untuk gaya modern klasik biasanya menggunakan warna-warna yang netral untuk lebih “aman” seperti gradasi cokelat, hitam, putih, ataupun krem. Untuk furnitur, karena modern sudah dipilih menjadi gaya yang dominan, maka pilihlah yang berdesain simpel dan tidak banyak ornamen.  Kemewahan si klasik bisa dihadirkan dari lampu kandelar, lampu nakas berdesain klasik, cermin, lukisan, dan pernak-pernik lainnya. Satu hal yang perlu diingat, tetap setia dengan pilihan warna semula.

3.Minimalis
Desain minimalis merupakan aliran gaya desain modern yang sangat fungsional dan tidak memberi ruang pada bentuk ornamentasi atau hiasan sama sekali. Desain minimalis pada umumnya menggunakan warna-warna yang lembut dan lebih netral. Putih merupakan pilihan warna klasik minimalis yang memberikan kesan bersih. Pemberian aksesori yang minim pada dinding digunakan untuk memperkuat kesan minimalis.

4.Modern Minimalis
Ruang keluarga bergaya modern minimalis tentu harus didukung oleh interior dan furniture yang minimalis pula. Suasana yang dibutuhkan di ruang keluarga adalah suasana yang santai, tidak formal dan cenderung playful, maka yang menjadi poin utama di ruangan ini adalah adalah sofa. Pilihlah sofa yang simpel dan memiliki warna yang cerah sehingga mood playful akan lebih terbentuk, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan selera anda. Sesuaikan pula gaya desain pada kabinet, rak buku, rak TV, meja samping, meja kopi dan barang-barang yang lain.

5.Eklektik
Ekletik berarti memadukan unsur terbaik yang ada dari tiap gaya. Anda membutuhkan ruang lebih besar untuk bereksperimen dalam nuansa eklektik yang memadukan warna, corak, dan aksesor. Kelebihan nuansa eklektik adalah menjadikan rumah lebih segar, memikat, hangat, dan homey . Dalam gaya/style ini, anda dituntut untuk lebih peka sehingga bisa menyeimbangkan berbagai unsur, rupa-rupa gaya yang disisipkan pasti lebih sedap dipandang.

Kesimpulan memilih tema dan gaya desain interior
Kesimpulan memilih tema dan gaya desain interior adalah untuk kenyamanan penghuni rumah atau ruangan yang akan menempati ruangan tersebut. jika ruangan dengan desaian atau tema yang nyaman maka pemilik rumah pun juga akan lama-lama menghuni ruangan yang didesain sesuai dengan impiannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...