Halaman

CARI ARTIKEL

Rabu, 01 Agustus 2012

Menata Ruang Keluarga Bagian 3


Selain menata design dan perabotannya, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menata ruang keluarga:

1.Menata cahaya membangun suasana

Unsur lain yang dapat memperindah ruangan adalah cahaya. Beraneka ragam suasana dapat diciptakan dengan menciptakan tata cahaya yang tepat. Ini lebih diperuntukkan untuk membangun suasana pada malam hari. Karena itu diperlukan tata pencahayaan yang baik dan selaras dengan tema ruangan yang anda pilih sesuai dengan selera pribadi anda.

Jika ingin cahaya yang terang secara merata maka pasanglah lampu downlight. Untuk yang ingin mengatur tingkat gelap-terang cahaya lampu pada ruang, anda dapat menggunakan lampu yang memiliki sistem dimmer. Tambahkan titik-titik lampu yang menyorot objek yang ingin di blow up agar keindahannya semakin menonjol.

Untuk memberikan efek cahaya yang simetris, anda dapat menempatkan lampu meja yang diletakkan pada meja sisi sofa atau lampu berdiri (standing lamp) di satu atau kedua ujung sofa. Anda juga dapat mengkombinasikan kedua lampu ini untuk menghasilkan distribusi cahaya yang baik pada ruang keluarga anda. Untuk memperkuat dimensi ruang dan mendapatkan kesan elegan, anda dapat menempatkan lampu gantung pada ruang keluarga.

2.Memfasilitasi audio-video
Peralatan audio-video merupakan salah satu fasilitas pelengkap yang dapat menunjang suasana yang nyaman pada ruang keluarga. Untuk penempatannya, pikirkan dari awal penataan audio-videonya ke aplikasi ruangannya. Ini menyangkut keberadaan jaringan kabel listrik dan audionya. Sebaiknya peralatan video-audio player ditempatkan pada salah satu area dinding yang melebar. Ini agar film yang diputar bisa dinikmati bersama tanpa ada halangan.

3.Menentukan Fungsi Tambahan
Untuk ruang keluarga yang memiliki ukuran yang terbatas, anda dapat menerapkan ruang yang memiliki banyak fungsi (multifungsi). Dalam hal ini, ruang keluarga dapat difungsikan sebagai ruang bermain anak. Jika kondisinya seperti itu maka pilihlah tema yang ringan, playful, cenderung gaya modern dan pemilihan furniture yang tepat dan aman.

Kesimpulan dalam penataan ruang keluarga
Ada tiga hal yang harus dipahami dalam penataan ruang keluarga, diantaranya menentukan fungsi tambahan, memfasilitasi audio-video dan menata cahaya membangun suasana semua tindakan itu dimaksudkan agar ruang keluarga bisa lebih mendapatkan kenyamanan bagi yang menyinggahinya. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...