CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Merawat / Menjaga Furniture Berbahan Rotan



Apakah di rumah Anda terdapat furniture yang berbahan rotan seperti kursi ataupun meja? Jika ada, sebaiknya rawatlah furniture tersebut agar tahan lama dan tetap kokoh.

Furniture Berbahan Rotan
Furniture yang berbahan rotan biasanya lebih ringan tetapi kuat, mudah dibentuk, serta lebih murah dibandingkan furniture berbahan kayu. Tetapi furniture berbahan rotanpun punya kelemahan utama yaitu mudah terkena kutu bubuk atau pin hole. Namun untuk mengurangi kelemahan tersebut kita bisa merawatnya dengan baik.

Perawatan Furniture Berbahan Rotan
Perawatan untuk furniture berbahan rotan itu mudah tetapi butuh ketelatenan dalam merawatnya. Berikut ini ada beberapa tips dalam merawat furniture berbahan rotan yaitu diantaranya :
  1. Laplah furniture rotan Anda dengan kain basah minimal 2 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran maupun debu yang menempel pada permukaan furniture rotan tersebut.
  2. Cat Ulang furniture rotan Anda agar terlihat mengkilat dan baru. Kegiatan ini bisa dilakukan 4 atau 5 tahun sekali. Cat yang biasanya dipergunakan adalah cat semprot atau celup. Zat warna yang umum digunakan berbahan kimia.
  3. Warnai rotan dengan warna yang umum digunakan yaitu warna gambir (kemerahan), honey (kekuningan) ataupun warna natural.
  4. Setelah furniture rotan dicat, lapisilah dengan melamik yang berguna untuk melindungi cat agar tidak mudah pudar atau mengelupas.
  5. Terkadang furniture rotan mudah diserang oleh hama rayap. Bila rayap sudah menyerang maka rotan akan bisa habis digerogoti. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara tradisional yaitu membuat larutan dari campuran kapur barus dan minyak tanah. Lalu semprotkan pada bagian yang digerogoti rayap.
Kesimpulan Merawat Furniture Berbahan Rotan
Lakukan perawatan furniture rotan secara berkala untuk menjaga keawetannya. Hal ini baik untuk dekorasi rumah Anda karena furniture rotan yang berkesan klasik dan antik. Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...