CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Tips Menata dan Memilih Furniture Ruang Belajar Anak




Ruang belajar merupakan tempat yang disuguhkan khusus untuk tempat belajar anak – anak. Ruang belajar harus nyaman buat anak – anak baik dari designnya maupun furniture yang ada di dalamnya agar anak – anak nyaman dalam belajar.

Furniture Ruang Belajar
Dalam memilih furniture harus memperhatikan beberapa aspek yang dapat mempengaruhi kinerja anak dalam belajar seperti pemilihan bahan furniture dan design dari furniturenya. Karena furniture yang dipergunakan pun dapat mempengaruhi semangat belajar anak – anak.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menata furniture ruang belajar anak diantaranya adalah :
  1. Pilih ukuran furniture yang disesuaikan dengan ukuran ruang belajar anak.
  2. Perhatikan lay out dari furniture lainnya, jangan sampai memilih furniture yang membuat ruangan berkesan sempit sehingga tidak nyaman untuk tempat belajar.
  3. Letakkan meja belajar di dekat jendela atau tempat yang terkena sinar matahari.
  4. Jangan meletakkan meja membelakangi lampu ruangan agar bayangan tidak menutupi meja.
  5. Untuk furniture kayu, bersihkanlah debu dan kotorannya setiap hari. Jika furniture kayu ini terkena air maka segera di lap sebab jika tidak dapat menyebabkan warnanya memudar.
  6. Letakkan lampu belajar yang cahayanya dapat langsung mengenai objek sehingga objek dapat terlihat jelas dan tidak menyebabkan mata cepat lelah.
  7. Pilihlah lampu dengan penerangan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya gunakanlah lampu bohlam (tungsten) dan lampu pijar sebagai lampu belajar karena cahayanya yang stabil.
  8. Sesuaikan ukuran dan tinggi meja belajar dengan fisik sang anak. Perhatikan pula faktor kenyamanan dan keamanannya bagi sang anak, seperti terbuat dari bahan yang empuk untuk dudukan dan sandaran kursinya.
  9. Pilih meja belajar yang dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama sekitar 5-6 tahun disesuaikan dengan pertumbuhan sang anak. Bisa juga dengan menggunakan meja belajar yang memiliki 2 ketinggian penyangga kaki untuk mengantisipasi jika anak bertambah tinggi.
  10. Gunakanlah kursi yang adjustable sehingga dapat diatur ketinggiannya. Fungsinya untuk mengikuti pertumbuhan anak dan juga kenyamanannya.
  11. Jika anak kidal sebaiknya letakkan lampu belajar di sisi kanan. Jika tidak letakkanlah lampu belajar di sisi kirinya.
  12. Pilih furniture dengan desain yang menarik baik dari segi bentuk maupun warnanya seperti menggunakan gambar tokoh kartun kesukaannya atau warna kesukaannya.
Kesimpulan
Yang paling utama yang harus diperhatikan dalam memilih furniture anak adalah keamanannya karena condong anak akan lebih aktif bergerak dibandingkan remaja. Dan suka melakukan percobaan – percobaan terhadap sesuatu yang dia lihat. Oleh karena itu pertimbangan utama yang harus diperhatikan ketika memilih furniture belajar anak adalah faktor keamanannya. Jangan lupa untuk memacu semangatnya pilihlah furniture yang nyaman ketika digunakan dengan model yang menarik perhatiannya. Sebaiknya ketika Anda ingin membeli furniture bagi anak ajaklah anak Anda dan biarkan Anak Anda memilih furniturenya sendiri.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...