Cari

Memuat...

Selasa, 31 Juli 2012

Tips / Cara Memilih Bahan Kayu Untuk Furniture



Pengertian Furniture Kayu
Bahan furniture kayu yang paling utama adalah furniture yang berbahan kayu solid. Funiture yang berbahan kayu merupakan furniture yang paling berkualitas di kelasnya. Hal ini disebabkan harganya relative bisa berkompetensi dibandingkan furniture berbahan lainnya. Besar kecilnya harga furniture kayu ini biasanya ditentukan dari kualitas kelas kayu itu sendiri.

Hal-Hal Dalam Membuat Furniture
Ketika kita akan membuat suatu furniture, bahan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Memilih bahan kayu untuk furniture ada tipsnya, diantaranya adalah :
-    Pelajari produk yang akan anda buat beserta kebutuhan kayunya.
-    Jika ingin kualitas produk anda terbaik maka pilihlah kayu yang tua, yang panjang dan lebar dan minimalkan sambungan kayu pada produk.
-    Jika produk anda tidak terlalu istimewa maka pilihlah kayu yang sudah matang dan masih remaja karena hal ini mempengaruhi nilai harganya. Pilihlah kayu yang ukurannya biasa. Jika produknya biasa, umumnya pembeli tidak mempermasalahkan banyaknya sambungan atau cacat pada kayu karena dapat di tambal.
-    Bukalah kayu tersebut untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada kayu tersebut.
-    Jangan lupa perhatikan pula bagian kayu terutama kayu yang terdapat cacat mata. Periksalah bahwa cacat mata tersebut tidak mudah retak atau busuk.

Kesimpulan
Itulah beberapa cara dalam memilih kayu untuk bahan furniture. Akan lebih baik lagi sebelum Anda membeli bahan kayu untuk furniture, pelajarilah semua hal tentang kayu. Dan tanyakan kelebihan dan kekurangan dari masing – masing jenis kayu pada pedagangnya. Sekian terima kasih. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...