Cari

Memuat...

Selasa, 31 Juli 2012

Memanfaatkan / Mengolah Kayu Bekas Menjadi Benda Seni



Pemanfaatan kayu bekas sebenarnya sangat banyak sekali, tetapi kali ini yang akan dibahas adalah pemanfaatan kayu bekas untuk membuat figura atau frame.

Pemanfaatan Kayu Bekas
Sekarang ini banyak sekali benda-benda yang dipasang pada tiap ruang sebagai penghias dekorasi atau design interior dari sebuah rumah. Salah satu tujuan peletakan tersebut adalah untuk mempercantik ruangan, tak khayal figura menjadi salah satu yang paling banyak digemari masyarakat untuk mempercantik ruangannnya terutama ruang tamu. Kali ini saya akan memberikan cara membuat bingkai atau frame dengan memanfaat kayu bekas.

Bahan-Bahan
Bahan – bahan yang dibutuhkan diantaranya :
1.Kayu bekas
2.Amplas kasar dan amplas halus
3.Paku
4.Gun Stepler (optional)
5.Lem kayu (optional)
6.Cat Acrilic (bisa juga menggunakan Cat tembok)

Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan diantaranya :
1.Gergaji kayu (gergaji siku)
2.Palu kecil
3.Alat penyiku (bisa memanfaatkan keramik)
4.Mesin profil/perpil (optional)
5.Meteran
6.Pensil
7.Cutter

Cara Pembuatan
Disini kita akan mencoba membuat bingkai ukuran 60 x 90 cm caranya adalah :

Potong kayu bekas dengan ukuran 60 x 90 cm masing – masing 2 kali. Sebelum memotong ukurlah terlebih dahulu kayu yang akan dipotong dengan menggunakan siku dan tandai dengan pensil, jika tidak ada siku bisa memafaatkan garis lantai keramik. Agar hasil kayu lebih unik maka dalam pemotongan berilah ganjal dengan sesuatu seperti kayu kecil, pensil atau baterai bekas yang kecil. Salah satu potongan kayu tersebut diberi ruang pada bagian tengahnya untuk menaruh foto. Setelah terpotong maka kayu bingkai siap digabungkan.

Sambungkan setiap pojok dari kayu bekas tersebut dengan lem kayu pada kedua sisinya. Nah disini bingkai atau frame yang dibikin sudah mulai terbentuk.

Berikan garis lengkung pada bingkai kayu menggunakan mesin perpil, perpil atau profilah pada setiap sisinya.

Amplas bingkai kayu tersebut secara dua tahap yaitu menggunakan amplas kasar terlebih dahulu baru setelah itu menggunakan amplas yang halus. Bila kayu terdapat lobang maka dempul terlebih dahulu

Untuk finishingnya bingka kayu bekas tersebut diberi cat semprot untuk memberi motif tipis pada bingkai kayu kita, kalau ingin bingkai kayu tampak natural bisa dipanaskan menggunakan api sampai muncul garis-garis motif alami kayu, setelah itu silahkan jika ingin di pernis.

Kesimpulan Pemanfaatan Bahan Kayu Bekas
Jadilah bingkai kayu buatan sendiri yang bisa menjadi tambahan dekorasi untuk rumah kita. Selamat Mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...