CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Finishing Kayu Menggunakan Pelapis Transparan


Agar perabot rumah tangga Anda tahan lama tentunya dibutuhkan perawatan. Perawatan untuk furniture atau perabot rumah tangga bukan hanya berkisar pada pemberian warna atau memberi lapisan saja, mrlainkan juga perlu penambahan pelapis furniture untuk perabot kayu anda.

Tujuan Finishing Kayu
Tujuan finishing kayu adalah untuk memberi hasil akhir yang sempurna sesuai dengan keinginan anda dan untuk menjaga keawetannya serta melindungi furniture kayu Anda dari kerusakan dan gangguan rayap.

Pelapis Transparan
Jenis kayu bermacam-macam, tetapi ada jenis kayu yang serat asli bagus untuk desain sebuah furniture, sehingga sangat disayangkan jika harus ditutupi dengan cat. Agar finishing jenis kayu tersebut tetap tampak serat aslinya maka bisa menggunakan pelapis transparan (clear finish). Ada 4 jenis pelapis transparan diantaranya yaitu :

1.  Politur

Pelapis ini memiliki kelebihan jika Anda ingin mengubah tampilannya. Pelapis ini dapat juga digunakan untuk interior maupun eksterior. Lapisan ini cenderung tipis sehingga mudah memudar, sehingga Anda harus melapisi ulang material kayu Anda agar tetap terlihat indah.

2.  NC (Nutricellulose)
Pelapis ini merupakan jenis pelapis ramah lingkungan karena terbuat dari getah pohon. Tetapi sekarang ini sudah jarang didapatkan karena bahan bakunya yang langka.

3.  Melamine
Pelapis melamine dapat menutup dengan sempurna pori-pori kayu sehingga perabot kayu Anda akan halus dan berkesan mewah. Pelapis ini hanya cocok untuk perabot yang ditempatkan di dalam rumah (interior). Bahan ini sulit dilakukan pelapisan ulang sehigga perlu pengamplasan jika Anda ingin melakukan pelapisan ulang.  Baunya sangat menyengat ketika dilakukan pelapisan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan bau tersebut.

4.  PU (Polyerethan)
Pelapis ini mirip dengan pelapis melamine tetapi tidak mengeluarkan bau yang menyengat sehingga aman untuk kesehatan. Harga pelapis ini sekarang masih sangat mahal sehingga masih jarang digunakan oleh sebagai material pelapis.

Kesimpulan
Pelapis transparan sangat cocok digunakan untuk jenis kayu yang memiliki serat alami yang halus dan indah sehingga dengan menggunakan pelapis transparan ini keindahan dari kayu masih tampak jelas. Tetapi dari ke empat jenis pelapis di atas, Anda perlu memperhatikan sirkulasi udara pada ruangan Anda jika Anda menggunakan pelapis melamine.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...