Halaman

CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Finishing Kayu Menggunakan Pelapis Non Transparan


Ada dua jenis pelapis yang digunakan untuk finishing perabot kayu yaitu pelapis transparan dan pelapis non transparan. Pelapis transparan condong digunakan untuk kayu yang seratnya halus dan indah, tetapi jika sebaliknya biasanya menggunakan pelapis non transparan.

Pelapis Non Transparan
Ada 5 jenis pelapis non transparan yang memiliki varian yang beragam diantaranya yaitu :

1.  Cat Duco
Cat duko sangat cocok untuk finishing furniture anak karena warnanya yang bervariasi. Pelapis ini relatif mahal dan membutuhkan tahapan pelapisan yang cukup banyak agar kualitasnya baik. Furnitur yang sudah dicat dengan cat duco maka serat asli kayu tidak dapat dikembalikan.

2.  Veneer
Pelapis ini menggunakan serat kayu asli sehingga tampilannya akan bagus dan alami tetapi harganya lumayan mahal. Jenis pelapis ini sangat tipis sehingga diperlukan lem yang sangat kuat agar tahan lama.

3.  Laminate
Variasi motif dan warna dari pelapis ini beragam dan dapat disesuaikan dengan selera anda. Tekstur dari pelapis laminate licin sehingga terlihat tidak alami pada furniture kayu Anda.

4.  Tacon
Pelapis ini memiliki tekstur sehingga terkesan alami
. Kekurangan dari pelapis ini adalah warnanya yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan.

5.  PVC (polyvynil carbonate)
Pelapis PVC lebih awet dan harganya lebih terjangkau dibanding dengan pelapis lainnya sehingga paling mudah dicari. Kelemahannya terletak pada hasil tampilannya yang tidak alami dan bahannya kurang ramah lingkungan.

Kesimpulan
Pelapis non transparan biasanya diaplikasikan untuk finishing kayu yang serat alaminya tidak terlalu bagus. Struktur lapisannya pun lebih keras dibandingkan pelapis transparan. Tetapi pelapis ini akan lebih awet dibandingkan pelapis transparan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...