CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Perbedaan dan Persamaan Kayu Olahan



Furniture kayu sekarang ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Tetapi tidak semua furniture kayu berbahan kayu asli tetapi ada juga yang berbahan kayu olahan. Kayu olahan ini berasal dari sisa hasil olahan dari kayu asli yang dicampurkan dengan zat kimia. Ada beberapa jenis kayu olahan diantaranya adalah triplek, multipleks, partikel board dan MDF dan HDF. Masing-masing dari jenis kayu olahan tersebut mempunyai kekuatan yang berbeda-beda.

Kayu Olahan
Multipleks atau plywood merupakan kayu olahan yang berbahan dasar kulit kayu dan relatif lebih kuat dibanding jenis kayu olahan lainnya seperti hdf, mdf, blockboard dan partikel board . Cara membuat plywood  dengan mengumpulkan kulit kayu yang berlapis – lapis yang kemudian di press. Kualitas plywood/multipleks lebih baik dibandingkan dengan jenis kayu olahan lainnya karena memiliki kekuatan yang lebih dan daya tahan terhadap air lebih kuat.

Lapisan blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horisontal. Blockboard mempunyai kemiripan dengan multipleks karena lapisannya terdiri dari potongan kayu perbedaannya hanya dalam penyusunan potongan kayunya. Jika blockboard tadi disusun secara horisontal, tetapi multipleks disusun secara vertikal.
Plywood dan blockboard biasanya dilapisi kulit kayu jati, sungkai dan lainnya. Sedangkan particle board dan MDF biasanya digunakan untuk furniture yang sudah jadi dan pelapis luarnya menggunakan kertas bertekstur.

Partikel board berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress dan memiliki pori – pori yang lebih besar dibandingkan MDF atau HDF sehingga sangat rentan terhadap air. Partikel board merupakan kayu olahan yang sangat rendah kualitasnya dibandingkan dengan kayu olahan lainnya karena selain mudah ditembus air juga tidak mampu menahan beban berat. Sedangkan MDF memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan partikel board dan sering digunakan untuk bahan dasar furniture.

Kesimpulan
Furniture dengan bahan multipleks dan blockboard memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan MDF atau partikel board. Hal ini disebabkan lapisannya yang lebih baik dibandingkan MDF dan partikel board. Dalam memilih bahan furniture, sebaiknya Anda sesuaikan kebutuhan furniture yang akan Anda isi dengan beban yang dapat ditampung sebuah furniture.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...