CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

3 Alternatif Kayu Solid


Bahan furniture yang masih mendominasi masyarakat Indonesia sekarang ini adalah kayu. Bahan kayunya pun bermacam – macam mulai dari tingkat kekuatan, corak, dan ketahanannya. Kayu yang paling kuat digunakan untuk furniture adalah jenis kayu solid. Salah satu jenis kayu solid yang sangat populer adalah jati.

Alternatif Pilihan Kayu Solid
Jati merupakan kayu yang sangat populer di golongan kayu solid. Karena kepopulerannya harga kayu jati sekarang ini semakin mahal. Sebenarnya selain kayu jati ada 4000 jenis kayu yang dapat digunakan untuk mebel. Tetapi disini kami akan membagai 3 kayu yang kualitasnya tidak kalah dengan kayu jati yaitu :

1.  Kayu Mahoni
Kayu mahoni dikenal juga sebagai kayu mahogani. Kayu mahoni merupakan kayu terfavorit nomor dua setelah kayu jati di Indonesia. Sedangkan di Inggris, kayu mahoni merupakan kayu yang istimewa mengalahkan kayu jati.
Ciri khas kayu ini adalah berwarna coklat muda kemerah-merahan yang lambat laun akan berwarna merah lebih tua. Tekstur kayunya agak halus dengan arah serat berpadu, kadang bergelombang, serta permukaan agak licin. Kayu mahoni bagus untuk finishing natural.

2.  Kayu Sonokeling
Kayu Sonokeling memiliki ciri-ciri berwarna coklat ungu tua dengan garis-garis berwarna lebih tua sampai hitam. Jauh lebih tua warnanya daripada kayu jati. Tekstur kayunya halus dan arah serat berpadu dengan permukaan kayu yang licin.


3.  Kayu Sungkai
Kayu sungkai dikenal juga sebagai kayu jati sabrang, sekai atau sungke. Kayu ini memiliki ciri-ciri berwarna krem atau kuning muda dan warna kayunya gubal sehingga sulit dibedakan dengan kayu teras. Tekstur kayu kasar dan tidak merata. Arah serat lurus, tetapi terkadang agak bergelombang dengan permukaan kayu yang agak kesat.

Kesimpulan
Kayu jati memang paling kuat di kelasnya, tetapi dengan harga yang mahal agak sulit untuk dijangkau untuk masyarakat menengah ke bawah. Walaupun kayu jati nomor satu dikelasnya bukan berarti kayu solid lainnya kalah dalam hal kualitas. Terutama kayu mahini bisa dijadikan alternatif bahan furniture pengganti kayu jati.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...