CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Mengatasi Bahaya MDF dengan Tindakan Preventif



MDF terbuat dari kayu – kayu bekas produksi yang dicampur dengan bahan pengikat sehingga menjadi lembaran – lembaran papan. Resiko penyakit yang dapat ditimbulkan MDF terdapat pada debu disekitar permukaan papan MDFdan bahan formaldehyde yang digunakan untuk merekatkan partikel kayu. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para karyawan pabrik furniture, perusahaan menggunakan MDF E1 yang memiliki kandungan di bawah batas maksimum.

Tindakan Preventif Bagi produsen
Debu
pada proses pengelolaan MDF tidak mungkin dihindari, oleh karena itu untuk meminimalisir resiko ada beberapa hal perlu dilakukan yaitu :
1.  Berikan ventilasi udara pada ruang produksi untuk mengatur alur sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruang produksi. Exhaust pada ruang produksi harus bekerja dengan baik agar ruang produksi selalu bebas dari debu MDF.
2.  Setelah pekerjaan selesai bersihkan tempat kerja agar terbebas dari debu.
3.  Sediakan masker dan sarung tangan untuk para karyawan agar menghindari kontak langsung antara formaldehyde dengan kulit, karena Formaldehyde dapat mengakibatkan iritasi kulit.
4.  Lapisi permukaan MDF dengan bahan finishing walaupun hanya dengan lapisan dasar.

Tindakan Preventif Bagi Konsumen
Untuk konsumen yang memiliki furniture berbahan MDF ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko penyakit yang muncul karena bahan MDF

1.  Furniture yang baru dibeli sebaiknya bukalah bagian pintu dan laci furniture selama beberapa hari atau minggu untuk melepaskan kandungan Formaldehyde dari bahan papan buatan.

2.  Tanyakan kepada produsen atau penjual furniture tentang jenis MDF yang digunakan. Untuk jenis furniture yang menggunakan MDF jenis E1 harganya pasti akan lebih mahal.

Kesimpulan
Karena bahan MDF dalam proses pembuatannya menggunakan bahan kimia, maka bahan MDF juga tidak lepas dari bahaya yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan adalah debu dari papan kayu MDF. Debu ini jika terhirup lama kelamaan bisa menyebabkan asma. Oleh karena itu untuk menghindarinya diperlukan tindakan pencegahan daripada pengobatan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...