CARI ARTIKEL

Selasa, 31 Juli 2012

Tips Melindungi Furniture Berbahan Kayu



Furniture berbahan kayu mudah menyerap air, minyak dan debu. Oleh sebab itu semua furniture dan aksesoris rumah, seperti patung dan figura sebaiknya mendapatkan perawatan rutin.

Melindungi Dan Merawat Kayu
Dalam melindungi dan merawat kayu tergantung dari kondisinya apakah bahan kayu tersebut masih mentah (belum dilapisi) atau kayu yang sudah dilapis (finishing).
Dalam merawatnya pun terdapat perbedaan perlakuan. Cara perawatannya pun tidak sulit, bisa memakai bahan pembersih dari pabrik atau bahan tradisional. 

Cara Menjaga Furniture Kayu
1.  Kayu Mentah
Kayu mentah adalah kayu yang belum pernah dilapisi dengan lapisan anti air dan anti minyak, misalnya melamin atau pelitur. Untuk furniture berbahan kayu ini langkah-langkah menjaganya adalah:
-  Ampelas permukaan furniture kayu sampai ke sudut-sudutnya. Gerakan meng-ampelas searah dengan serat kayu. Setelah selesai, bersihkan permukaan kayu dengan kuas.
-  Sapukan secara merata ke permukaan kayu cairan linseed oil menggunakan kuas. Biarkan beberapa menit agar cairan meresap ke dalam kayu.
-  Ratakan sisa cairan pada permukaan kayu dengan menggunakan lap bersih lalu biarkan hingga kering antara 1-2jam.
-  Ulangi langkah b dan c agar permukaan kayu tertutup sempurna sehingga furnitur kayu terlindungi dari minyak, air, dan kotoran lainnya.

2.  Kayu Dengan Finishing
Kayu dengan Finishing merupakan kayu yang sudah dilapisi oleh pelapis melamin atau pelitur. Untuk merawat furniture yang sudah difinishing caranya adalah

-  Bersihkan kayu menggunakan lap kering dan bersih.
-  Gosok permukaan kayu searah serat kayu dengan furniture wax yang dioleskan pada kain bersih. Oleskan secara tipis saja, jangan terlalu menekan. Jika aksesoris kayu banyak ukiran, encerkan wax dengan sedikit bensin. Lalu gunakan kuas lukis untuk mengoleskannya pada bagian ukiran.
-  Tunggu hingga 15 menit, dan ulangi lagi langkah b agar hasil maksimal.

Kesimpulan
Jadi dalam perawatan kayu tentukn dulu jenis kayunya baru kita bisa menentukan penyelesaian dalam perawatan kayu tersebut. Sedangkan untuk membuat furniture kayu jadi lebih mengkilap dapat dengan menggosokkan ampas kelapa pada permukaan kayu searah serat kayu dan agak ditekan,hingga ampas membentuk butiran-butiran seperti pasir, biarkan sekitar 10 menit, lalu sisa ampas dibersihkan menggunakan lap kering bersih. Itulah beberapa cara – cara perawatannya. Dan semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...