CARI ARTIKEL

Kamis, 02 Agustus 2012

Design Lampu Dan Jenisnya


Semakin beragamnya bentuk rumah membuat perabot dan peralatan rumah tangga semakin bertambah fungsinya sebagai penghias design rumah. Salah satunya adalah lampu.

Lampu dan Fungsinya
Lampu merupakan perangkat atau alat yang bisa memberikan sumber cahaya pada suatu ruang menggunakan sumber listrik. Sekarang ini fungsi lampu selain untuk sarana pencahayaan tetapi juga untuk aksesoris atau penghias sebuah rumah.

Jenis – jenis Lampu
Macam lampu  dibedakan menjadi 2 yaitu lampu berdasarkan penempatannya dengan lampu berdasarkan pencahayaan dan penempatannya. Untuk kepentingan interior design kali ini kita akan membahas jenis lampu berdasarkan penempatannya yaitu :

1.  Lampu Dinding
Pemasangan lampu ini diletakkan di dinding rumah tetapi perlu diperhatikan ketinggian dalam pemasangannya. Jangan sampai lampu mengganggu pandangan dan menyentuh kepala orang yang duduk di dekatnya. Cahaya dari lampu dinding akan memberikan kesan luas pada ruang.

2.  Footlight
Lampu ini biasanya ditempatkan pada tangga atau ruang tidur dan dinyalakan pada malam hari.

3.  Lampu Sorot
Lampu ini biasanya dipasang pada pipa penyangga (writing duct), di galeri, museum atau gedung-gedung publik. Lampu ini bisa diputar mengikuti objek yang akan disorot.
4.  Lampu Pada Plafon
Lampu ini dipasang pada langit – langit/plafon rumah. Lampu pada plafon akan membiaskan refleksi cahaya yang lembut dan merata. Warna cahayanya pun dihasilkan dari warna plafon.

5.  Lampu Meja
Lampu meja biasanya diletakkan di atas meja kerja/meja belajar dimana cahayanya difokuskan pada tangan saat bekerja agar tidak membuat mata silau.

6.  Lampu Duduk/Berdiri
Lampu ini khusus dibutuhkan untuk bekerja, seperti menulis dan membaca. Cahaya yang dihasilkan lampu ini sebaiknya tidak terlalu kontras dengan cahaya yang mengelilingi ruangan. Lampu berdiri ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi tambahan untuk sudut – sudut rumah agar rumah tampak indah.

7.  Lampu Gantung
Jika jumlahnya terlalu banyak, lampu gantung tidak terlalu bagus dipasang pada ruangan yang kecil jika apalagi dengan bentuk yang berbeda-beda karena dapat membuat ruangan tampak terlalu ramai.

8.  Down Lights
Lampu ini dipasang di dalam plafond. Lampu ini biasanya digunakan untuk menyoroti dinding atai objek yang berada langsung di bawahnya.

9.  Lampu Kristal
Lampu gantung kristal yang penggunaannya lebih dari satu cocok digunakan untuk ruang tamu atau ruang dengan plafond tinggi.

Kesimpulan
Suasana rumah dibangun dengan memperhatikan sisi dekorasi dan furniturnya, tetapi selain itu sisi pencahayaannya pun perlu diperhatikan. Jika salah memilih pencahayaan, maka suasana yang dibangun pun menjadi tidak seperti yang diharapkan. Oleh karena itu perhatikan penempatan dan cahaya lampunya sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Update

Furniture Meja Jati Ruang Tamu

Untuk memilih meja jati yang tepat untuk ruang tamu Anda, Anda perlu tidak perlu m eluangkan banyak waktu anda agar memperoleh meja jati ya...